Siapa Bilang Makanan Pelancar ASI Itu Tidak Enak

 

Banyak ibu yang sekarang ini mencari produk pelancar ASI. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk tablet, jamu, hingga minuman. Tentu hal tersebut sangat bisa dipahami. Mereka mengerti sekali bahwasannya bayi berkembang lebih optimal ketika mendapatkan ASI eksklusif.

Akan tetapi, mengkonsumsi suplemen bukanlah satu-satu cara yang efektif untuk melancarkan ASI. Ada juga makanan yang dapat melancarkan ASI.

Jangan membuat kesimpulan dulu. Memang kebanyakan ibu tidak mau mengkonsumsi makanan seperti itu. Alasannya klasik. Rasanya tidak enak. Hal itu dikarenakan yang dibayangan mereka adalah makanan yang terbuat dari daun katuk.

Sebenarnya, bukan daun katuk saja lho yang bisa melancarkan ASI. Ada beberapa makanan lezat yang bisa dikonsumsi selama masa pemberian ASI eksklusif.

Makanan Lezat Pelancar ASI

Memang katuk menjadi pilihan yang terbaik. Bahkan, daun ini pun digunakan oleh pabrik jamu atau obat-obatan untuk membuat sebuah produk pelancar ASI.

Namun, mengkonsumsi sayur daun katuk setiap hari tentu bisa membuat Anda bosan. Maka dari itu, ada beberapa pilihan makanan pelancar ASI lainnya yang bisa Anda coba.

  • Kacang Hijau

Bagaimana bisa kacang hijau bisa berpengaruh terhadap kelancaran air ASI? Penjelasan ilmiahnya cukup panjang.

Dalam dunia medis, ada yang istilah yang disebut dengan tiamin. Ini merupakan vitamin B1 yang berfungsi sebagai converter. Apa yang di convert? Yaitu mengconvert karbohidrat menjadi energi. Ini menjadi sangat penting karena menurut penelitian, ibu menyusui ini lebih terkuras energinya dibandingkan dengan ibu hamil. Hal ini disebabkan tubuh selalu memproses ASI.

 

Anda bisa bayangkan sendiri bagaimana seorang ibu menyusui yang kondisi tubuhnya lemas. Pasti produksi ASInya kurang maksimal, bukan? Itulah mengapa Anda sebagai ibu menyusui bisa menjadikan kacang hijau ini sebagai makanan untuk memperlancar ASI.

 

Selain itu, tiamin juga berguna untuk memperbaiki mood lho. Ternyata, mood yang baik itu berpengaruh terhadap produksi ASI. Hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Mood yang bagus bisa memicu produksi hormon oksitosin yang memiliki peran juga untuk memproduksi ASI.

 

Pada intinya selama masa pemberian ASI eksklusif usahakan agar Anda tidak terlalu bersedih. Maka dari itu, suami atau orang-orang yang ada di sekitar Anda juga berperan penting. Anda tidak bisa memiliki mood yang baik jika orang-orang di sekitar Anda justru sering membuat masalah, bukan?

 

Hal ini pula yang bisa juga membuat wanita karir sering gagal dalam memberikan ASI eksklusif. Mereka tidak mampu mencukupi kebutuhan ASI karena mereka sering stres lantaran kejar deadline, sering mengalami mood buruk karena tekanan pekerjaan, dan tentu saja keletihan. Untuk mengatasi hal ini, Anda yang mungkin seorang wanita karir yang sedang memberikan ASI eksklusif bisa mengkonsumsi bubur kacang hijau sebagai memperbaiki mood. Ini bisa Anda jadikan menu makanan pelancar ASI di pagi hari.

 

  • Labu Siam

Suka dengan labu siam? Ini merupakan jenis sayuran yang sering di oseng atau dijadikan sup. Makanan pelancar ASI yang satu ini sedikit berbede dengan yang sebelumnya. Labu siam ini memiliki kandungan terbanyak berupa asam folat. Pasti ibu sudah familiar dengan istilah asam folat ini, bukan?

 

Asam folat ada di dalam susu ibu hamil dan menyusui. Di berbagai iklannya, kandungan tersebut dianggap sebagai kandungan yang penting untuk memastikan otak bayi di dalam kandungan atau yang Anda susui berkembang dengan optimal.

 

Namun, ternyata itu bukan satu-satunya fungsi dari asam folat. Kandungan ini juga secara langsung mempengaruhi produksi ASI. Agar labu siam ini lezat untuk Anda konsumsi, pilihlah labu siam yang sudah berusia cukup tua. Ini bisa Anda rebus lalu dikonsumsi secara langsung. Rasanya manis. Namun, jika Anda ingin membuat oseng-oseng labu atau sayur labu, Anda bisa pilih labu yang sedikit lebih muda. Ini bisa dijadikan sayur saat sarapan atau makan siang.

 

  • Kacang Almond

Makanan pelancar ASI tidak melulu berupa makanan utama. Ada juga makanan ringan atau yang sering disebut dengan cemilan. Contohnya saja kacang almond. Ini merupakan cemilan yang sehat untuk ibu menyusui.

 

Akan tetapi, perhatikan dulu sebelum membeli. Sebaiknya Anda memilih snack kacang almond yang original, bukan yang sudah diberi bumbu. Bumbu itulah yang membuat cemilan ini menjadi kurang sehat.

 

Apa yang terkandung di dalam kacang almond sehingga ini dikatakan sebagai makanan memperlancar ASI? Pertama adalah protein. Sama seperti kacang lainnya yang terkenal dengan kandungan proteinnya. Bahkan, penelitian menyebutkan kacang-kacangan, termasuk almond ini merupakan sumber protein nabati terbanyak.

 

Selain protein, kandungan zat besinya juga cukup banyak. Yang satu ini berfungsi untuk mencegah anemia. Anemia ini harus dihindari karena ibu menyusui yang mengalami anemia mudah sekali sakit. Tubuhnya lemas dan tidak mampu memproduksi ASI dalam jumlah yang banyak.

Itulah beberapa makanan lezat sebagai pelancar ASI?

Perlukah Supelemen?

Pertanyaan tersebut hanya Anda sendiri yang bisa jawab. Ibu-ibu zaman dahulu tidak membutuhkan suplemen. Mereka hanya mengkonsumsi makanan biasa. Namun, mengapa ibu sekarang jarang yang bisa mensukseskan pemberian ASI eksklusif? Karena memang kegiatannya berbeda. Banyak ibu yang saat ini merangkap menjadi seorang wanita karir. Maka dari itu, kebutuhan nutrisinya juga berbeda dengan ibu-ibu zaman dahulu.

Hal tersebutlah yang membuat banyak ibu menyusui berupaya memberikan ASI tanpa harus mengorbankan karirnya. Mereka tidak ingin menjadikan pekerjaan sebagai halangan bagi mereka untuk tidak bisa memberikan ASI. Begitu pun sebaliknya. Memberikan ASI eksklusif tidak menjadi alasan mereka harus berhenti bekerja.

Maka dari itu, pilihan yang tepat jika Anda mengkonsumsi suplemen pelancar ASI. Anda bisa mengkonsumsi lactatea, sebuah teh pelancar ASI yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Produk pelancar ASI sudah mendapatkan ijin dari departemen kesehatan. Jadi, sudah bisa dipastikan aman untuk dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *