Obat Pelancar ASI Yang Bagus

Bagi seorang ibu menyusui, ASI yang berkualitas sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang sang buah hati yang baru saja dilahirkan. Meski begitu, adakalanya seorang ibu menyusui kesulitan menghasilkan SI dalam jumlah banyak dan berkualitas baik, terlebih ketika dirinya menderit gangguan psikologis. Untuk menanggulanginya, seorang ibu yang masih ada dalam tahap menyusui perlu mengkonsumsi obat pelancar ASI yang bagus. Saat pemilihan obat, sang ibu harus paham bahwa obat memperlancar ASI yang berkualitas perlu mengandung beberapa komponen senyawa, seperti:

1.AA dan DHA
Komponen AA dan DHA adalah komponen senyawa yang bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi fungsi otak. Dengan asupan AA maupun DHA yang cukup, proses regenerasi sel pada bayi yang baru lahir akan semakin cepat. Disamping itu, peredaran darah yang lancar akan meningkatkan asupan nutrisi ke semua organ tubuh sehingga organ penting seperti jantung, tulang, dan paru-paru bisa terbentuk sempurna.

2.Zat besi
Pada bayi, zat besi digunakan untuk perkembangan dan pertumbuhan tulang. Disamping itu, zat besi juga bermanfaat untuk regenerasi sel darah merah agar asupan oksigen yang masuk kedalam tubuh semakin banyak dan fungsi organ berjalan dengan baik.

3.Asam Folat
Tanpa asupan asam folat, sistem saraf dan otak bayi akan mengalami gangguan. Itulah sebabnya, dalam masa perkembangan, bayi yang baru lahir membutuhkan asupan asam folat mencapai 40%. Sifat asam folat yang mudah larut dalam cairan memudahkan senyawa ini untuk dibawa hingga ke otak dan dalam kadar yang cukup, senyawa ini juga mampu melindungi jantung dari beragam jenis infeksi yang mungkin mengancam.

4.Protein
Bayi yang baru lahir pasti mengalami perkembangan organ dalam, seperti jantung, paru-paru, otak, dan ginjal. Oleh karena itu, dibutuhkan senyawa protein yang membantu meregenerasi sel sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh sehingga nutrisi yang dibutuhkan bayi bisa terserap sepenuhnya. Kandungan senyawa asam amino juga membantu fungsi otak bayi untuk meningkatkan daya ingat sehingga interaksi yang dijalani bersama sang ibu akan lebih membawa kedekatan emosional antara ibu dan bayi.

5.Kalsium
Selain zat besi, bayi juga membutuhkan kalsium selama masa perkembangan. Senyawa kalsium ini bermanfaat untuk menjaga kondisi homeostasis dalam tubuhnya dan menutrisi tulang agar tulang rawan yang dimiliki bayi tetap sehat dan kuat.

6.Kolin
Senyawa kolin tergolong senyawa vitamin B yang sangat bermanfaat dalam proses pembentukan phospatydilcholine dan sphyngomyelin. Keduanya berfungsi sebagai insulator jaringan saraf dan disamping itu, kolin juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan hati maupun pembentukan membran sel. Ketika tubuh bayi mendapat asupan kolin sekitar 550mg, maka secara tidak langsung tubuh bayi akan tumbuh sehat dan terhindar dari beragam jenis infeksi. Dalam prakteknya, senyawa-senyawa diatas umumnya bisa didapat dari bahan-bahan alami, seperti:

a.Fenugreek
Bahan alami fenugreek termasuk obat pelancar ASI yang bagus dan sudah dimanfaatkan sejak jaman dahulu di India maupun Timur Tengah. Bahan alami ini banyak diolah dalam bentuk serbuk, kapsul, atau minuman yang dipercaya meningkatkan produksi ASI dengan cara merangsang hormon oksitosin dan prolaktin. Saat mengkonsumsi obat dengan bahan alami satu ini, umumnya sang ibu menyusui juga akan dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur dalam kadar lebih dari 1000 gram.

b.Fennel
Biji Fennel atau rempah adas memiliki kemampuan meningkatkan produksi ASI dengan cara merangsang proses LDR (let down reflect) pada kelenjar air susu maupun areola. Proses LDR ini akan membuat hormon oksitosin merangsang kinerja hormon prolaktin dalam pengeluaran air susu yang berlimpah. Selain meningkatkan produksi ASI, tanaman yang satu ini mampu menjaga ketahanan tubuh sekaligus menghindarkan ibu menyusui dari resiko penyakit yang berhubungan dengan sistem metabolisme. Sampai saat ini, biji Fennel bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul maupun dimasak dan dicampurkan langsung kedalam sup serta salad.

c.Daun katuk
Daun katuk adalah tanaman tradisional yang sudah terbukti manfaatnya sebagai nutrisi pelancar ASI dan dalam perkembangannya, tanaman yang satu ini bisa dikonsumsi secara langsung dalam bentuk sup atau dikonsumsi dalam bentuk pil ataupun serbuk. Cara kerja senyawa yang ada dalam daun katuk adalah memicu pengeluaran hormon estrogen dan oksitosin untuk memicu pengeluaran ASI dari bagian puting. Disamping itu, daun katuk juga mengandung antioksidan dan vitamin yang bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak dan imun tubuh.

d.Habbatussauda
Habbatussauda atau jinten hitam adalah bahan alami yang bermanfaat memperlancar produksi ASI dan menghindarkan otak bayi dari serangan virus maupun bakteri berbahaya. Nutrisi lengkap yang diberikan habbatussauda juga mampu meningkatkan kinerja organ tubuh lain, seperti jantung dan ginjal dalam kaitannya dengan sistem metabolisme tubuh.

e.Anise
Anise adalah tanaman asal Timur Tengah yang terbukti membantu memperlancar produksi ASI pada ibu menyusui. Tanaman ini merangsang kinerja hormon prolaktin sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh bayi sehingga bayi tersebut tidak akan terjangkit infeksi maupun penyakit berbahaya.
Sampai saat ini, ada beragam jenis produk pelancar ASI yang beredar di pasaran, seperti Lactamom, Lactafar, Asifit, dan Habbatussauda. Namun demikian, agar obat yang Anda dapatkan benar-benar obat pelancar ASI yang bagus dan berkualitas, ada beberapa tips pembelian yang bisa Anda terapkan.
Ø Membeli dari platform website besar (jika membeli secara online) dengan mempelajari dulu metode pemesanan dan pembelian.
Ø Memastikan gram bahan yang merupakan komponen obat
Ø Membaca dosis pakai dari obat yang bersangkutan agar pemanfaatannya maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *