Mengolah Katuk Sebagai Daun Pelancar ASI Menjadi Hidangan Yang Lezat

Kebanyakan ibu menyusui membuat sayur bening yang terbuat dari katuk. Memang ini merupakan daun pelancar ASI. Akan tetapi, bukan berarti katut hanya bisa dijadikan sayur bening. Pasti sangat membosankan jika Anda mengkonsumsi daun katuk dengan cara yang sama terus menerus.

Sudah beberapa fakta ilmiah menarik terkait dengan daun memperlancar ASI yang satu ini. Dan ini menunjukkan bahwasannya katuk tidak hanya sebuah mitos pelancar ASI saja, tapi memang benar adanya. Bahkan, ada sebuah penelitian yang mengatakan dengan mengkonsumsi daun katuk, maka produksi ASI akan meningkat hingga 50%.

Yang perlu Anda ketahui sekarang adalah bagaimana mendapatkan manfaat dari daun katuk selain dengan cara membuatnya menjadi sayur bening. Berikut ini beberapa resep makanan terbuat dari katuk yang bisa Anda coba.

  • Lodeh Katuk Jagung Manis

Jika Anda asli jawa, mungkin Anda sudah familiar dengan sayuran lodeh. Ini merupakan sayuran yang terbuat dari dedaunan di mana kuahnya dicampur dengan santan. Rasanya sangat gurih karena ada rempah-rempah yang bermacam-macam dicampurkan sebagai bumbu. Sayur lodeh ini biasanya disajikan sebagai menu makan siang. Akan sangat lezat jika lodeh katuk jagung manis ini disajikan dengan sambal dan ikan laut.

 

Anda sudah pernah membuat lodeh? Biasanya lodeh ini terbuat dari daun ketela. Namun, karena tujuannya agar produksi ASI lancar, maka daun ketela bisa Anda ganti dengan daun katuk yang sudah terkenal sebagai daun untuk memperlancar ASI. Tambahkan juga jagung manis agar sayuran terasa lebih lezat.

 

  • Tumis Daun Katuk

Anda pasti sering dengar ca kangkung. Atau jangan-jangan Anda penggemar makanan yang satu ini? Nah, Anda bisa coba hal yang baru. Kangkung Anda ganti dengan daun katuk.

 

Cara membuat masakan ini juga sama seperti Anda memasak ca kangkung. Siapkan daun katuk sesuai dengan yang Anda butuhkan. Cuci dengan air bersih. Setelah itu, bumbu disiapkan seperti bawang merah, bawang putih, dan gula. Semuanya dipotong tipis-tipis. Setelah itu, masukkan semua bumbu tersebut ke dalam wajan yang sudah ada minyak gorengnya. Masukkan juga daun katuk. Masak hingga daun katuk layu. Tambahkan sedikit garam, gula, dan lada untuk menambah cita rasa.

 

Tumis daun katuk ini bisa disajikan sebagai menu sarapan di pagi hari. Cocok jika disandingkan dengan nasi hangat serta tempe goreng.

 

  • Bakwan Katuk

Kebanyakan bakwan itu terbuat dari sayuran seperti kubis, wortel, dan toge. Kali ini, Anda bisa manfaatkan daun katuk sebagai bahan utama untuk membuat bakwan.

 

Cara membuatnya sama seperti Anda membuat bakwan biasanya. Hanya saja, Anda tambahkan daun katuk yang sudah dicincang kecil-kecil ke dalam adonan. Ini bisa Anda jadikan cemilan di malam hari ketika Anda sedang menidurkan sang buah hati.

 

  • Mie Goreng Katuk

Resep yang satu ini agak sedikit aneh karena memang tidak banyak yang membuat masakan ini. Kebanyakan mie goreng ada campurannya seperti daun bawang, kubis, atau kacang panjang yang dipotong kecil-kecil. Kali ini, Anda hanya menggunakan campuaran sayuran berupa daun katuk. Ini bisa dijadikan resep yang tidak biasa di mana Anda tetap bisa mendapatkan manfaat dari daun pelancar ASI ini.

Mana resep makanan memperlancar ASI yang akan Anda coba terlebih dahulu?

Meskipun demikian, bukan berarti Anda hanya bisa mengandalkan daun katuk saja untuk membuat produksi ASI banyak dan lancar. Ada cara lain yang tak kalah penting untuk Anda lakukan.

Salah satunya adalah olahraga. Ternyata, olahraga juga mempengaruhi produksi ASI lho. Hal ini disebabkan olahraga bisa menjaga kesehatan tubuh. Dan hanya dengan tubuh yang sehat saja maka ASI bisa diproduksi dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, Anda juga perlu untuk melakukan relaksasi. Apabila Anda seorang wanita karir yang selalu dikejar dengan deadline pekerjaan, maka relaksasi menjadi suatu keharusan yang harus dilakukan. Relaksasi penting untuk menghindarkan dari stres. Pasalnya, stres bisa membuat mood buruk dan akhirnya menjadi penghambat produksi ASI.

Relaksasi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa melakukan yoga, meditasi, melakukan perawatan, refreshing, bermain game, menonton acara favorit, dan lain sebagainya. Mencegah stres juga bisa Anda lakukan dengan cara mengkonsumsi bubur kacang hijau. Ternyata, makanan yang satu ini mengandung vitamin B1 yang berperan menjaga mood agar tetap baik.

Banyak ahli kesehatan menemukan fakta bahwasannya ibu yang gagal memberikan ASI eksklusif itu sering mengalami stres. Stres ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Maka dari itu, kegagalan seperti ini tidak akan Anda alami jika Anda mampu melakukan manajemen stres. Lakukan hal menyenangkan setiap hari. Contohnya saja bercanda dengan suami atau menonton TV bersama-sama ketika sang buah hati sedang terlelap. Sambil bercengkarama, Anda bisa membuat teh Lactate yang hangat. Ini tidak hanya sekedar teh yang bisa menemeni waktu santai Anda tapi juga sebagai pelancar ASI. Teh yang satu ini mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar semakin meningkatkan lagi produksi ASI. Yang pasti, produk pelancar ASI ini sudah mendapatkan ijin edar dari Dinas Kesehatan. Itu artinya teh sudah diuji dan sudah dipastikan aman untuk dikonsumsi.

Memang banyak sekali produk pelancar ASI yang bisa Anda pilih. Namun, teh Lactatea ini jauh lebih efektif dan lebih terjangkau harganya. Jadi, tepat sekali jika Anda memilih teh untuk memperlancar ASI ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *