Koleksi Paling Lengkap Jamu Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

Bahkan di zaman modern ini, jamu pelancar ASI tradisional warisan nenek moyang kita masih digunakan oleh banyak ibu menyusui agar ASI-nya lancar dan melimpah. Namun, pertanyaannya, jamu apa yang bisa? Mungkin Anda sudah mencari di berbagai sumber, tapi di sini, Anda akan mendapatkan jamu spesial dengan resep rahasia nenek moyang.

Dengan bahan-bahan alami yang berkhasiat, jamu-jamu agar ASI berlimpah di bawah ini mudah dibuat. Tidak ada efek samping, efektif dan efisien untuk ibu menyusui. Mari kita lihat resepnya!

Jamu Kunyit Gula Merah

Ada banyak ragam jamu yang bisa Anda konsumsi agar bayi mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Yang paling mudah dan efektif adalah jamu berbahan dasar kunyit dan gula merah.

Pertama, siapkan bahan-bahannya berupa 1 rimpang kunyit, 1 potong gula merah dan 2 gelas air putih. Kunyit sebaiknya dicuci sampai bersih terlebih dahulu lalu ditumbuk hingga halus. Rebus kunyit yang telah halus dengan gula dan air putih yang telah disiapkan.

Tunggula selama beberapa saat hingga jamu pelancar ASI ini siap diminum. Jika air rebusan tersisa 1 gelas, angkat dari kompor dan minum jamu ini dua kali sehari. ASI Anda akan lancar secara alami.

Jamu Daun Pepaya

Namanya, jamu tradisional untuk ASI, pastilah bahan bisa diperoleh di sekitar kita. Daun pepaya, misalnya. Dengan paduan daun kecipir dan daun ketela rambat, Anda akan mendapatkan produksi ASI yang berlimpah.

Meskipun bisa dibuat jamu, bahan-bahan di atas (daun pepaya, daun ketela rambat dan daun pepaya) bisa dimakan secara langsung dengan cara direbus, lalu dibuat kulupan, atau disayur. Dengan konsumsi tiap hari secara teratur, ASI Anda akan lancar.

Jamu Kencur

Jmau pelancar ASI selanjutnya menggunakan bahad dasar kencur. Sebelum membuatnya, persiapkan semua bahan di berikut ini: rumput jarum (5 batang), daun pegagan (10 gram), jeruk nipis (1 buah), temu hitam (3 gram), temu giring (4 gram), nanas muda (1 buah), kencur dan garam dapur secukupnya.

Setelah semua bahan siap, parutlah kencur, temu giring dan kunyit. Lalu, haluskan nanas muda, daun pegagan, dan rumput jarum dengan cara ditumbuk. Yakinkan menjadi benar-benar lembut. Kemudian, campur semua bahan kecuali garam dan jeruk nipis.

Siapkan satu gelas air panas, saring dan peras bahan yang telah dihaluskan di atas. Tambahkan garam dan perasan air jeruk nipis secukupnya sebelum diminum. Jamu pelancar ASI ini akan memberikan manfaat maksimal jika Anda meminumnya secara rutin tiap pagi sebelum sarapan.

Jamu Temulawak

Temulawak sudah dikenal sejak lama dalam jamu tradisional, termasuk sebagai pelancar ASI diwariskan dari nenek moyang kita. Nah, untuk membuatnya, Anda perlu temulawak seukuran telur ayam (1 rimpang), daun adem ati (7 helai) atau daun pegagan (1/2 genggam), kunyit (3 rimpang), kencur (3 rimpang, teh adas dan teh mungsi masing-masing 1 sendok teh.

Untuk membuatnya, cucilah semua bahan terlebih dahulu. Haluskan dengan cara ditumbuk dengan mencampurkan air matang sebanyak 2 gelas. Setelah itu, peras dan saring bahan yang telah dihalukan. Tambahkan perasan air jeruk nipis dan gula aren sesuai selera, dan minumlah jamu pelancar ASI ini sekali sehari. Alangkah baiknya jika jamu ini dikonsumsi seminggu setelah melahirkan. Sementara, di minggu pertama, ibu minum jamu beras kencur.

Jamu Pala Asam

Disebut jamu pala asam karena dua diantara bahan dasarnya adalah pala dan buah asam. Untuk membuat jamu ini, Anda memerlukan biji pala (1 ruas jari), mungsi (1 sendok teh), buah asam, kayu manis (1/2 jari), ketumbar (1 sendok teh), dan 2 gelas air.

Segera setelah bahan-bahan didapat, cucilah hingga bersih. Rebus bahan-bahan ke dalam 2 gelas air. Masukkan asam dan gula, lalu tunggu hingga ramuan mendidih. Setelah air rebusan tersisa kira-kira satu gelas, angkat dan saring. Hasil saringan inilah yang menjadi jamu yang akan membuat ASI berlimpah. Minumlah jamu pelancar ASI ini secara teratur satu kali sehari.

Jamu Daun Jinten

Daun jinten memang kaya akan manfaat, dan kali ini, kita akan tahu salah satu kegunaannya untuk pelancar ASI. Jamu daun jinten mudah dibuat, hanya perlu daun jinten segar (25 gram) yang dipipis, biji ketapang (5 gram) dan madu (1 sendok makan).

Pertama, cucilah daun jinten sampai bersih, kemudian bersihkan lagi dengan air panas dengan cara disiram. Lalu, pipislah daun jinten tersebut. Kemudian, campur dengan biji ketapang yang telah diahaluskan. Tambah air putih matang setengah gelas, lalu peras dan ambil sarinya. Tambahkan madu sebelum Anda minum.

Tips Para Ibu Saat Minum Jamu Pelancar ASI

Apakah minum jamu saja sudah cukup untuk membuat ASI melimpah? Belum tentu. Jamu hanyalah pemicu dan sumber utama untuk produksi ASI adalah makanan.

Maka, selain minum jamu di atas, Anda juga harus mengimbanginya dengan makan makanan yang memperlancar air susu, seperti bayam, daun katup, ikan, dan lain-lain. Intinya adalah makanan tersebut banyak mengandung karbohidrat, Omega 3 dan zat besi, sehingga hormon yang memperlancar produksi ASI bekerja secara optimal.

Namun, tidak jarang ibu menyusui yang masih saja kesulitan memperoleh ASI yang mencukupi kebutuhan buah hatinya. Apakah Anda termasuk diantaranya?

Masih ada satu jamu/ramuan herbal yang ampuh memperlancar ASI. Lactatea adalah ASI booster paling aman dan alami sehingga produksi air susu menjadi berlimpah. Anda akan bisa memberikan ASI eksklusif.

Dengan memperhatikan berbagai hal di atas, memberikan ASI eksklusif adalah hal yang mudah. Jamu pelancar ASI dan asupan makanan akan membantu Anda mendapatkan ASI berlimpah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *