Ini dia Vitamin Yang Harus Tercukupi Jika Ingin ASI Deras

 

Ada banyak sekali produk pelancar ASI yang ada di pasaran. Jenisnya pun berbeda-beda. Mana yang paling efektif?

Untuk menilai keefektifan dari produk tersebut, Anda tidak bisa memilih berdasarkan jenisnya. Anda harus tahu apa saja kandungan di dalamnya. Kandugan tersebutlah yang membuat produk dikatakan pelancar ASI.

Untuk itu, sebelum Anda memilih dan akhirnya mengkonsumsi produk pelancar ASI, kenali dulu vitamin memperlancar ASI yang seharusnya ada di dalam sebuah produk.

3 Vitamin Penting Pelancar ASI

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai macam-macam vitamin yang berperan sebagai pelancar produksi ASI, harus dipahami dulu bahwasannya setiap kandungan nutrisi itu tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Artinya, nutrisi itu bekerja secara bersama-sama. Contohnya saja protein yang katanya bisa mencerdaskan otak. Fungsi protein ini tidak berjalan secara optimal jika tidak tunjang dengan nutrisi lainnya seperti asam folat.

Maka dari itu, tidak ada produk pelancar ASI yang hanya mengandung satu jenis vitamin atau kandungan nutrisi. Contohnya saja Lactatea. Ini merupakan teh pelancar ASI yang mengandung banyak sekali kandungan nutrisi dan juga vitamin.

Lalu, vitamin apa yang berpengaruh untuk memperlancar ASI? Berikut ini 3 jenis vitamin yang paling penting dalam hal memperlancar produksi ASI.

  1. Vitamin B1

Banyak orang yang sudah mengerti bahwasannya kekurangan vitamin B1 ini bisa menyebabkan terganggunya sistem pencernaan. Untuk anak, vitamin B1 ini dianggap sebagai vitamin yang bisa membantu perkembangan otak.

Namun, bagi ibu menyusui, vitamin B1 ini berfungsi untuk memperlancar ASI. Tiamin merupakan bahasa medis untuk menunjukkan vitamin B1 ini. Tiamin ini mampu merubah karbohidrat menjadi energi. Selain itu, tiamin juga yang membantu mood lebih baik.

 

Energi dan mood yang baik ini sangat penting bagi ibu menyusui. Banyak ibu yang gagal memberikan ASI eksklusif disebabkan oleh tubuhnya yang lemas tak berenergi. Ada juga yang disebabkan karena stres dan sering mengalami mood yang jelek. Ini biasanya dialami oleh seorang wanita karir yang kebetulan sedang menyusui juga. Mereka sering stres karena tekanan pekerjaan. Akibatnya, mood menjadi tidak karuan dan hal tersebut berpengaruh terhadap turunnya produksi ASI.

 

Maka dari itu, bagi seorang ibu menyusui yang sering mengalami stres, sebaiknya mereka mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1. Makanan tersebut bisa berupa bubur kacang hijau. Ini bisa dijadikan menu sarapan di pagi hari yang tidak hanya mengenyangkan tapi juga memperbaiki mood. Dengan demikian, produksi ASI tetap lancar meskipun harus bekerja sebagai wanita karir.

 

  1. Vitamin C

Selain vitamin B1, vitamin C juga ikut berperan untuk memperlancar produksi ASI. Selama ini, vitamin C dikenal sebagai vitamin yang memperbaiki sel, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta membuat kulit sehat dan lembut. Namun, ternyata perannya juga sangat dibutuhkan untuk melancarkan ASI.

 

Di mana peran vitamin C ini? Untuk menjelaskan yang satu ini, Anda harus tahu dulu ternyata daun katuk yang dikenal sebagai sayuran pelancar ASI itu mengandung vitamin C. Inilah yang menyebabkan daun katuk dianggap sebagai pelancar ASI yang sangat efektif.

 

Namun, tentu bukan vitamin C saja yang ada di dalam daun katuk. Bagaimanapun juga, vitamin C ini membantu melancarkan ASI. Hal ini disebabkan adanya kandungan yang disebut dengan asam seskuiterna yang sangat berperan penting dalam hal produksi ASI.

 

Tentu bukan hanya daun katuk saja yang mengandung vitamin C. Namun, mengapa daun katuk dianggap sebagai sayuran yang bisa mempelancar ASI hingga 50%? Betul sekali. Ibu menyusui yang mau mengkosumsi daun katuk setiap hari bisa memproduksi ASI hingga 50% lebih banyak. Ini tentu bukan hanya disebabkan oleh kandungan vitamin C nya saja, tapi juga kandungan yang lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bukan satu jenis vitamin saja yang bekerja. Kandungan lainnya juga saling mempengaruhi.

 

  1. Vitamin A

Bukannya vitamin A itu untuk kesehatan mata? Memang selama ini masyarakat awam memahami vitamin A itu diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Akan tetapi, Anda juga harus tahu penjelasan lainnya.

 

Ada penelitian yang menunjukkan semangka menjadi buah yang sangat bagus dikonsumsi selama masa pemberian ASI eksklusif.  Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A nya yang sangat tinggi. Vitamin ini bagus untuk memperlancar produksi ASI.

 

Namun, bukan vitamin A saja yang berperan penting dalam hal ini. Di dalam semangka, kandungan airnya pun sangat tinggi. Hal ini yang membuat semangka menjadi buah-buahan yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk melancarkan ASI.

Setidaknya itulah tiga vitamin yang memiliki fungsi sebagai pelancar ASI.

Memilih Produk Pelancar ASI Yang Tepat

Memang Anda bisa saja mengkonsumsi makanan tertentu yang dikatakan sebagai pelancar ASI. Akan tetapi, apakah makanan tersebut mengandung semua yang Anda butuhkan untuk melancarkan ASI? Belum tentu, bukan? Apalagi kebutuhan gizi setiap orang itu berbeda-beda.

Maka dari itu, muncullah produk pelancar ASI. Produk yang Anda pilih yang efektif dan aman. Setidaknya dua kata tersebut harus ada. Makanya, para ahli kesehatan menyarankan agar semua ibu menyusui memilih teh pelancar ASI Lactatea. Ini terbukti aman. Anda bisa konsumsi setiap hari. Tidak ada efek samping yang Anda rasakan. Ini seperti Anda sedang menikmati teh hangat setiap hari. Hanya saja, ada kandungan tertentu yang membuat teh ini bisa melancar ASI. Jadi, sangat tepat jika Anda memilih produk memperlancar ASI yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *