Ingin Bayi Cerdas Makanlah 7 Makanan Untuk Ibu Menyusui Berikut ini

Ingin Bayi Cerdas Makanlah 7 Makanan Untuk Ibu Menyusui Berikut ini

Menu makanan untuk ibu menyusui ini tidak bisa sembarangan. Bunda harus memilih jenis makanan yang baik untuk Bunda dan juga untuk si kecil. Maksudnya makanan tersebut selain bisa memperlancar ASI Bunda juga bisa mendukung tumbuh kembang si kecil, dan juga tentunya yang menyehatkan untuk tubuh Bunda.

Tidak perlu mahal-mahal untuk membuat menu makanan sehat untuk ibu menyusui. Sebenarnya di sekitar Anda banyak sekali. Anda tinggal memanfaatkannya. Dan yang pasti dijamin harganya murah meriah.

Sebagai ibu yang baru menyusui, Bunda tentu saja harus paham gizi apa saja yang Anda butuhkan. Jangan sampai Anda kekurangan gizi ini. Sebab dampaknya tidak hanya menimpa Bunda saja namun juga akan berefek pada tumbuh kembang si kecil.

Tingkat Kecukupan Nutrisi Yang Wajib Diketahui Oleh Para Ibu Menyusui

Tentunya kebutuhan gizi untuk para ibu menyusui sangat berbeda dengan wanita yang tidak menyusui. Maka dari itu secara otomatis tingkat nutrisi yang dibutuhkan tentunya juga akan berbeda.

Sebagai gambaran secara umum, di bawah ini adalah beberapa hal penting yang harus diketahui oleh para ibu menyusui.

  1. Kalori

Secara umum, ibu menyusui ini membutuhkan perharinya 500 kalori lebih banyak dari wanita yang tidak menyusui. Akan tetapi dari pada sibuk menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan, Anda bisa berpatokan kepada rasa lapar yang sering menyapa Bunda.

Namun perlu Bunda ingat juga bahwa kebutuhan kalori tiap individu bisa berbeda, sebab kebutuhan makanan ibu yang sedang menyusui ini sangat dipengaruhi oleh beraneka faktor dari kondisi ibu menyusui itu sendiri.

Maka dari itu Bunda harus memperhatikan banyaknya aktivitas, metabolisme tubuh, serta frekuensi menyusui. Dan tentunya pilihlah menu makanan bagi ibu menyusui yang banyak kandungan kalori di dalamnya.

  1. Vitamin dan Mineral

Selama periode menyusui, hal yang sangat normal jika tubuh Bunda lebih banyak membutuhkan pasokan vitamin dan mineral yang lebih banyak. Sebab dalam hal ini semata-mata guna mencukupi kebutuhan  ibu dan bayinya sekaligus. Untuk itulah usahakan selalu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral supaya Bunda dan si kecil dapat tumbuh optimal.

  1. Cairan Tubuh

Pastikan Bunda selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Minumlah secara teratur tanpa menunggu rasa haus terlebih dahulu. Saat warna urine kuning pekat, maka Bunda perlu menambah porsi air munumnya.

Rekomendasi Makanan Ibu Menyusui Supaya Bayi Cerdas

Ibu yang sedang menyusui harus selalu mengkonsumsi makanan bergizi untuk ibu menyusui, Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab selain untuk menjaga kesehatan Bunda, juga untuk tumbuh kembang si kecil dan tentunya bisa mendukung produksi ASI menjadi lebih lancar.

Untuk beberapa rekomdasi beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi pada saat sedang menyusui adalah:

  1. Buah Blueberry

Buah yang satu ini dikenal kaya akan kandungan flavonoid. Flavanoid ini dikenal memiliki kemampuan untuk membantu meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar, serta berpikir secara keseluruhan.

Dan secara bersamaan, mengkonsumsi buah ini juga bisa memperlambat resiko penuruna kemampuan mental. Di sisi lain, kandungan gizi pada buah ini juga bisa memperlancar ASI Bunda.

  1. Buah Zaitun

Ternyata buah zaitun ini termasuk makanan yang baik untuk ibu menyusui, sebab bisa membantu Bunda memiliki bayi yang cerdas. Mengkonsumsi buah zaitun secara rutin diketahui mampu menurunkan resiko kerusakan otak seiring dengan berjalannya waktu.

Selain itu buah zaitun ternyata juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen lebih banyak menuju otak serta ke seluruh sel yang membutuhkan.

  1. Kacang-kacangan

Selain bisa menghasilkan ASI terbaik supaya bayi cerdas, kacang-kacangan juga termasuk makanan penambah ASI. Lemak tak jenuh tunggal serta vitamin E yang terkandung pada kacang-kacangan ini memiliki kemampuan untuk melindungi otak si kecil dari penyakit Alzheimer.

  1. Ikan

Daging ikan ini juga sangat disarankan baik untuk ibu menyusui serta bayi yang baru belajar makan supaya mendapatkan manfaat perlindungan serta dukungan perkembangan otak bayi.

Kandungan asam omega 3 yang terdapat pada ikan, contohnya seperti ikan salmon dapat membantu perkembangan otak bayi. Selain itu untuk ibu menyusui, ikan ini termasuk salah satu makanan sumber ASI.

  1. Buah Alpukat

Buah yang baik serta tak kalah jitunya dalam memberikan nutrisi dan dukungan terhadap perkembangan otak si kecil adalah buah alpukat. Kenapa? sebab buah alpukat dikenal kaya sekali akan asam omega 3 yang sangat baik untuk otak.

  1. Telur Ayam

Terutama pada kuning telurmya, terdapata sekitar 200 miligram kolin yang diperlukan oleh si kecil sebagai nutrisi yang penting dalam pengembangan pusat ingatan. Selain itu, telur juga dikenal memiliki kandungan lain yang tidak kalah penting, seperti asam folat, zat besi, vitamin A dan D.

Selain bisa membuat bayi cerdas, mengkonsumsi terlur juga akan membantu memproduksi ASI yang berkualitas dan dikenal juga sebagai salah satu jenis makanan penambah produksi ASI.

  1. Sayuran Hijau

Jangan sampai Anda melewatkan sayuran hijau ini dari daftar harian menu makanan. Selain bisa memperngaruhi ASI supaya terasa lebih segar dan enak, sayuran hijau ini merupakan salah satu makanan pelancar ASI terbaik yang ada.

Sebenarnya selain mengkonsumsi makanan yang bisa membuat si kecil cerdas, Anda juga harus memperbanyak mengkonsumsi makanan pelancar keluarnya ASI. Sebab memenuhi kebutuhan ASI harian untuk si kecil juga sangat penting.

Namun jika ternyata ada permasalahan dengan keluarnya ASI meskipun Anda sudah mengkonsumsi makanan penmabah ASI, maka jalan terakhir yang bisa Anda upayakan adalah dengan menkonsumsi produk penambah ASI. Contohnya saja Lactatea.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *