Hal yang Perlu di Hindari Ketika Sedang Menyusui

Hal yang Perlu di Hindari Ketika Sedang Menyusui

Mendapatkan momongan atau anak adalah impian yang diidam-idamkan bagi setiap pasangan yang baru menikah. Setelah sembilan bulan sang wanita mengandung dan pada akhirnya melahirkan seorang bayi yang lucu. Bayi yang lahir ke dunia sudah pasti membutuhkan asupan nutrisi yang baik, oleh karena itu, secara biologis tubuh dari seorang wanita yang baru saja melahirkan akan memproduksi susu. Susu yang dihasilkan dari seorang wanita merupakan asupan nutrisi terbaik melebihi susu formula manapun. ASI atau air susu ibu merupakan asupan nutrisi utama bagi bayi yang baru dilahirkan, oleh karena itu sudah menjadi kewajiban bagi para ibu-ibu menjaga pola makan dan kesehatan tubuhnya guna menjaga kualitas asi agar tetap baik dan cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi sang bayi. Penting bagi para ibu untuk mengetahui hal-hal yang harus dihindari pada saat sedang menyusui.

Ketika sedang menyusui, banyak sekali hal-hal yang harus dihindari seperti menyusui sambil tiduran. Hal ini harus dihindari karena dapat membuat bayi tersedak pada saat proses menyusui. Lalu jangan selalu beranggapan bahwa setiap kali bayi menangis pasti lapar atau haus karena hal ini merupakan awal terjadinya over feeding pada bayi. Selain kedua hal tersebut, banyak ibu beranggapan bahwa jika banyak makan akan menambah kualitas ASI, hal tersebut keliru karena terlalu banyak makan justru akan menimbulkan gejala yang tidak diinginkan. Konsumsilah makanan yang baik secara cukup karena tidak semua nutrisi dari makanan yang dapat terserap oleh tubuh. Makanan seperti apakah yang sebaiknya Ibu hindari saat menyusui?

Makanan yang Perlu Dihindari untuk Ibu Ketika Sedang Menyusui
Dari sekian banyak hal yang harus di hindari oleh ibu menyusui tersebut yang paling penting adalah menghindari pola makan yang salah dengan menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan dengan gizi yang memenuhi kebutuhan nutrisi baik Ibu dan bayi. Makan dengan pola makan yang baik adalah kunci utama dalam menjaga kualitas dan kuantitas dari ASI sehingga sang ibu dapat menghasilkan asi yang baik bagi sang buah hati. Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh di konsumsi oleh ibu yang sedang menyusui, makanan-makanan tersebut antara lain:

• Makanan atau minuman yang mengandung soda dan kafein
Soda dan kafein adalah salah satu zat yang sangat dilarang ketika sedang menyusui. Mengapa demikian?Pasalnya, pada dasarnya segala sesuatu yang di konsumsi oleh ibu akan langsung terserap oleh darah dan secara otomatis asi yang dihasilkan mengandung makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh sang ibu. Jika sang ibu mengonsumsi kafein maka secara otomatis ASI dari ibu tersebut juga mengandung kafein. Salah satu minuman yang mengandung kafein yakni kopi.
Kopi-Aybela

Untuk orang dewasa dibutuhkan waktu sekitar 5 sampai 6 jam untuk mengeluarkan kafein yang berada dalam tubuh namun bagi bayi dibutuhkan sampai 14 jam untuk mengeluarkan zat kafein tersebut. Jika bayi membutuhkan waktu 14 jam untuk mengeluarkan kafein dari tubuhnya maka bayi tersebut akan susah tidur dan juga sangat tidak sehat bagi tumbuh kembang si bayi.
soda

• Sayuran atau buah yang mengandung banyak gas
Sayuran dan buah adalah makanan yang sangat sehat karena buah dan sayuran merupakan vitamin alami. Buah dan sayuran memang sehat akan tetapi tidak semua buah dan sayur dapat di konsumsi oleh sang ibu yang sedang menyusui. Hindarilah buah-buahan dan sayur yang banyak mengandung gas seperti brokoli, kol atau kubis, nangka, ataupun durian. Efek dari gas tersebut dapat menyebabkan bayi lebih sering buang angin dan hal tersebut sangat tidak baik. Konsumsilah buah dan sayur yang tidak mengandung gas tetapi banyak mengandung vitamin seperti wortel, tomat, apel, dan pisang.
007066000_1410857058-gas
durian manfaat-buah-nangka


• Makanan pedas

Pada saat ibu menyusui sudah pasti sang ibu akan selalu menjaga makanan yang ia makan karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi kualitas asi. Makanan pedas adalah salah satu makanan yang sangat dilarang ketika ibu sedang menyusui karena sistem pencernaan bayi masih sangat sensitif dan apabila sang ibu mengkonsumsi makanan pedas sudah pasti asi yang di hasilkan kurang baik bagi sang bayi.
makanan-pedas-banyak-manfaatnya

• Makanan yang mengandung MSG dan bahan pengawet
MSG dan makanan berbahan pengawet merupakan salah satu penyebab berkembangnya sel kanker.Oleh karena itu, bagi ibu yang sedang menyusui hindarilah makanan-makanan yang banyak mengandung MSG dan juga berbahan pengawet yang banyak terdapat pada makanan instan dan juga restoran cepat saji. Biasakanlah memasak tanpa menggunakan MSG.
No-MSG2

Pada intinya menjaga pola makan yang baik akan menjaga kualitas dari asi, asupan nutrisi yang terjaga dari makanan-makanan sehat bervitamin juga akan menjaga kualitas dari asi. Sekian informasi mengenai hal-hal yang harus dihindari ketika ibu menyusui semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *