6 Jenis Buah Untuk Memperlancar ASI Resep Nenek Moyang

6 Jenis Buah Untuk Memperlancar ASI

Resep Nenek Moyang

Sebenarnya sudah dari dulu nenek moyang kita sering menggunakan buah untuk memperlancar ASI. Cara untuk memperlancar ASI sebenarnya bahannya sangat dekat dengan kita, namun Anda saja yang mungkin kurang menyadirnya.

Mama mana yang tidak ingin produksi ASI-nya lancar. Dengan produksi ASI yang lancar inilah si kecil dapat mengkonsumsi makanan terbaiknya. Sebab ASI ini merupakan makanan terbaik untuk bayi, terutama pada enam bulan pertama hidupnya.

Pada enam bulan pertama inilah, pemberian ASI ekslusif untuk si kecil sangat ditekankan. Sebab pada fase ini ASI adalah satu-satunya makanan terbaik yang ada di dunia ini bagi si kecil.

Pada usia 0-6 bulan ini, Bunda belum diperbolehkan untuk memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Barulah setelah usia bayi 6 bulan, Bunda dianjurkan untuk memperkenalkan MPASI pada si kecil.

Namun pada keyataannya banyak sekali para ibu menyusui yang mengalami kesulitan saat ingin memberikan ASI ekslusif bagi si kecil. Produksi ASI yang kurang atau sulitnya keluarnya ASI menjadi hambatan utama yang sering dikeluhkan oleh para ibu menyusui ini.

Namun meskipun Bunda mengalami kondisi semacam ini, jangan putus asa dulu, jangan menyerah dulu, atau bahkan jangan sampai Bunda sampai mengalami stress saat menghadapi kondisi seperti ini.

Tenangkan pikiran Bunda karana masih banyak cara untuk memperbanyak ASI. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung mineral dan vitamin pendukung produksi ASI.

6 Jenis Buah Penambah ASI Yang Bisa Bunda Pilih

Buah pelancar ASI ini bisa menjadi jawaban bagi Anda saat mengalami kegalauan lantaran ASI yang tidak kunjung keluar banyak. Manfaatkan 6 jenis buah berikut ini untuk mengotimalkan produksi ASI sehingga ASI akan keluar banyak.

Sedangkan beberapa jenis buah untuk melancarkan ASI yang bisa Bunda manfaatkan diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Kurma

Selain memiliki manfaat besar untuk ibu menyusui, kurma ini ternyata juga sangat baik dikonsumsi sejak ibu hamil. Kandungan kalium pada kurma ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang serta gigi pada calon bayi yang masih ada di dalam kandungan.

Kemudian glokusa dan fruktosa yang juga terkandung di dalam buah kurma ini memiliki peran penting pada ibu hamil untuk menambah kekuatan saat menjalani proses persalinan.

Dan alasan kenapa buah kurma sangat baik untuk ibu menyusui lantaran kandungan hormon oksitosin yang terkandung di dalam buah kurma ini berguna baik saat proses persalinan serta dapat memperlancar ASI juga.

  1. Pepaya

Jenis buah untuk memperbanyak ASI yang bisa Bunda pilih selanjutnya adalah pepaya. Uniknya semua yang ada di pohon pepaya ini bisa dimanfaatkan untuk memperlancar ASI, baik dari bunga, buah, dan daunnya.

Di dalam buah pepaya kaya sekali akan kandungan vitamin A dan C, bahan mineral seperti kalium, asam folat, sampai enzim papain. Dan enzim papain ini memiliki manfaat untuk membantu proses pencernaan protein.

Ibu menyusui membutuhkan protein lebih banyak saat produksi ASI. itulah kenapa buah pepaya ini sangat dianjurkan untuk ibu yang sedang menyusui. Terutama bagi Anda yang ada masalah terhadap kelancaran ASI-nya. Selain itu, pepaya juga kaya sekali akan cairan yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan pada saat memproduksi ASI.

  1. Pisang

Pisang juga bisa Bunda manfaatkan sebagai makanan pelancar ASI. Manfaat buah pisang untuk ibu menyusui akan membantu serta mengembalikan setiap mineral yang hilang. Sebab mineral ini sangat dibutuhkan pada saat tubuh memproduksi ASI.

Terutama mineral kalsium yang terkandung di dalam buah pisang. Setiap 100 gram buah pisang ini terkandung 100 mg kalsium. Itulah kenapa buah pisang ini merupakan salah satu makanan yang wajib untuk dikonsumsi pasa saat menyusui.

  1. Semangka

Buah yang dikenal kaya akan kandungan A dan C, mineral kalium, asam folat, namun rendah kandungan lemak jenuh nutrium dan kolesterol ini bisa menjadi solusi untuk memperlancar ASI Bunda.

Kandungan vitamin A pada semangka ini bisa membantu pada saat tubuh memproduksi ASI sehingga membuat produksi ASI menjadi semakin melimpah. Selain itu sekaligus juga dapat mencukupi kebutuhan vitamin A pada Bunda yang akan mengalami peningkatan sampai setengah kali pada masa menyusui.

Dan keuntungan lainnya adalah lantaran semangka ini kadar airnya terbilang sangat tinggi maka akan sangat baik guna mencukupi kebutuhan cairan tubuh ibu menyusui. Sebab dalam sehari, ibu menyusui sekurang-kurangnya membutuhkan 8 gelas cairan perharinya.

  1. Keluarga Labu

Labu ini juga termasuk buah-buahan untuk melancarkan ASI. Keluarga labu seperti halnya labu siam, labu kuning, dan juga labu botol ini bisa Bunda manfaatkan untuk meningkatkan produksi ASI.

Seperti halnya dengan sayuran hijau, labu juga mengandung zat besi yang sang sangat diperlukan pasa waktu produksi ASI berlangsung. Selain itu labu ini juga memiliki kandungan nutrisi lain yang sangat baik untuk ibu menyusui.

  1. Jambu Air

Kaya vitami A dan C, kalsium, zat besi, dan fosfor menjadikan jambu air ini sangat bagus dikonsumsi saat sedang menyusui. Kandungan vitamin A dan zat besi mampu membantu produksi ASI menjadi lebih optimal.

Selain itu vitamin A ini juga berguna untuk melindungi sistem kekebalan tubuh si kecil serta meningkatkan ketahanannya terhadap infeksi. Sementara kandungan kalsium pada jambu air mampu meningkatkan fungsi otot dan sraf si kecil.

Tidak ada alasan lagi untuk tidak mencukupi kebutuhan ASI si kecil setiap harinya. Jika memang alasannya ASI tidak lancar, ada banyak sekali cara melancarkan ASI yang bisa Bunda praktikkan. Misalnya saja memanfaatkan buah untuk memperlancar ASI ini.

2 thoughts on “6 Jenis Buah Untuk Memperlancar ASI Resep Nenek Moyang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *