4 Buku Penting tentang ASI dan Ibu Menyusui

Bacalah, dengan nama tuhanmu yang telah menciptakan” (QS. al-‘Alaq: 1)

”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ILMU, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ILMU, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ILMU”. (HR. Turmudzi) sumber: facebook.com/kurmamotivation

Wawasan dan ilmu anda seputar ASI dan menyusui berpengaruh pada kualitas selama masa menyusui, yang berarti berdampak pada kualitas bayi, baik kualitas mental maupun fisik.

Sambil menemani Si Kecil saat dia beristirahat atau saat menyusui, tak ada salahnya anda sambil membaca buku penting seputar ASI dan menyusui. Di samping sangat membantu untuk memperluas wawasan, anda juga telah menjadi contoh langsung baginya untuk gemar membaca sejak sangat dini. Seolah-olah Si Kecil berkata dengan gaya cadelnya, “eh, mamaku rajin juga. Dia suka belajar dan membaca demi aku.” Lucu, kan? Dan kemungkinan akan berlanjut menjadi kebiasaannya untuk membaca ketika dia dewasa kelak.

Di luaran sana banyak buku yang ditulis oleh ahli ASI dan ibu menyusui dan diterbitkan oleh penerbit-penerbit besar. Anda dapat mendatangi toko buku-toko buku terdekat dan mulai mencari yang sesuai dengan keinginan anda. Kalau tidak ke toko buku anda dapat membelinya lewat toko buku online sehingga lebih praktis dan hemat waktu. Anda tak perlu keluar rumah dan tetap bersama sang buah hati.

Dari sekian banyak buku yang beredar, di sini kami sajikan 4 buku yang membahas tentang ASI. Buku yang ada di bawah ini bisa menjadi pilihan anda, namun anda juga bisa mencari alternatif buku lain yang bisa djadikan bacaan. Di samping karena ditulis oleh ahli yang sudah memiliki jam terbang tinggi, pembahasannya juga cocok untuk ibu-ibu menyusui. Bahasanya ringan dan kaya informasi. Nah, kita mulai dari buku pertama.

 

  1. Mengenal ASI Ekskusif

Buku Mengenal ASI EkskusifBuku ini ditulis oleh seorang pakar dan Konsultan ASI dari Sentra Laktasi Indonesia. Isinya dapat menambah wawasan anda tentang apa itu ASI eksklusif dan keuntungannya bagi ibu. Baik keuntungan secara medis maupun keuntungan secara hubungan emosional antara ibu-bayi. Di samping banyak juga pembahasan selain hal yang disebutkan di atas.

 

Dengan membaca buku ini anda akan dibimbing secara mudah untuk menjadi ibu yang “modern dan gaul”. Artinya, tindakan anda selama masa menyusui ada dasar ilmiahnya dan lebih aman bagi anda maupun bayi anda. Bahkan, dengan membaca buku ini anda bisa lebih hemat waktu dan biaya konsultasi. Meskipun, anda tetap harus melakukannya dengan bidan atau dokter anda.

 

Sebagai informasi tambahan, penulisnya adalah dokter senior spesialis anak dan sudah berpengalaman menangani permasalahan seputar ASI dan ibu menyusui, baik sebagi konsultan umum maupun sebagai tenaga medis. Dia juga aktif pada lembaga Pusat Laktasi Indonesia. Anda juga bisa lihat dari gelar keilmuan yang disandangnya. Jadi, anda tidak perlu khawatir dengan kualitas buku yang bisa anda baca di waktu senggang ini.

Judul : Mengenal ASI Eksklusif

Penulis : dr. Hj. Utami Roesli, Sp.A, MBA, FABM, IBCLC

Penerbit : Puspa Swara

Terbit : I 2000, revisi 2009

Tebal : 64 halaman

 

 

  1. Panduan Konseling Menyusui

Masih dari penulis yang sama dengan buku di atas, yang membedakan adalah bidang kajian di dalamnya. Jika buku di atas membahas sebagian besar tentang ASI itu sendiri, maka dalam buku ini anda akan dipandu bagaimana menyusui dengan baik dan juga benar.

 

Buku yang diterbitkann oleh Pustaka Bunda ini membahas secara mendalam tentang cara-cara yang dapat ibu menyusui lakukan selama masa pemberian ASI eksklusif. Yang menarik, buku yang sudah terbit Januari 2013 ini juga disertai gambar sebagai ilustrasi sehingga menambah pemahaman dalam pembahasan. Bahasanya simpel, dijelaskan dengan lugas dan menggunakan bahasa ringan sehingga menemani Si Kecil menjadi lebih santai namun tetap berkualitas.

 

Sebagai contoh pada halaman 15. Di dalamnya membahas apa saja yang menyebabkan peningkatan hormon yang bernama oksitoksin. Alih-alih membahas panjang lebar apa itu oksitoksin, buku ini secara straight to the point (tembak langsung tanpa bertele-tele) memberikan cara bagaiamana hormon itu bisa diproduksi dengan optimal pada ASI dengan kegiatan sederhana yang mungkin tanpa ayah-ibu sadari dalam kehidupan sehari-hari.

 

Di samping bagaimana memproduksi oksitoksin, dijelaskan ringkas juga apa saja yang menjadi penyebab berkurangnya hormon tersebut. Lagi-lagi gambar ilustrasi membuat penjelasan menjadi gamblang dan mudah dicerna. Sebagaimana dinyatakan dalam kata pengantar edisi revisinya, “berbeda dengan buku sebelumnya yang lebih menitikberatkan pada teori, buku kali ini benar-benar bersifat (panduan) manual-praktis dan untuk dipelajari berdua (anda dan bayi).”

10

 

image source: www.bukukita.com

 

Judul : Panduan Konseling Menyusui

Penulis : dr. Hj. Utami Roesli, Sp.A, MBA, FABM, IBCLC

Penerbit : Pustaka Bunda

Terbit : Januari – 2013

Tebal : –

 

  1. Buku Pintar ASI dan Menyusui

Menambah wawasan ibu menyusui tentang ASI dan seputaran permasalahan maupun manfaatnya, buku ini memberikan jawabannya. Pertanyaan-pertanyaan seperti ‘apa itu bingung puting, bagaimana supaya ASI cepat keluar pasca melahirkan, bagaimana menghadapi bayi yang mogok menyusu dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Penulisnya adalah satu-satunya dan pertama dari Indonesia yang menjadi pemimpin lembaga non-profit yang bernama LLL (La Leche League), sebuah lembaga internasional yang fokus pada pemberian ASI-menyusui. Salah satu testimoninya adalah dari pakar laktasi Indonesia, Utami Roesli, yang mengatakan, “Alhamdulilah telah bertambah lagi buku tentang ASI yang lengkap yang ditulis oleh seorang La Leche League (LLL) International Leader pertama di Indonesia. Buku ini wajib dimiliki atau dibaca, bukan saja oleh calon ayah dan ibu, tetapi juga calon suami dan istri.”

11

 

Image source: www.bukukita.com

 

Judul : Buku Pintar ASI dan Menyusui

Penulis : Fatimah Berliana Monika Purba

Penerbit : Noura Book Publishing

Terbit : Desember – 2014

Tebal : 288 halaman

 

  1. Catatan Ayah ASI

Anggaplah secara teori anda sudah memadai dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan ASI. Sekarang gilirannya adalah bagaimana mengetahui cerita tentang ASI dari sis lain, yakni dari mata seorang ayah. Dengan mengetahui sisi lain dari kacamata seorang laki-laki maka dapat menjadi penyeimbang. Bagaimana pun pemberian ASI akan lebih berkualitas dengan dukungan ayah sebagai partner ibu menyusui.

 

Nah, cerita-cerita di dalamnya bisa dibuat sebagai rujukan nyata dalam memahami seluk beluk ASI sekaligus mencocokkan dengan buku referensi ASI yang pernah anda baca. Jika secara teori anda sudah memperolehnya, maka dengan buku ini akan mengaitkannya dalam kejadian dan pengalaman nyata. Dengan demikian mungkin anda akan menjadi pembaca yang bergumam “iya ya”, “eh lucu”, “duh, romantisnya suamiku”, “pengen dong suamiku gitu” dan sebagainya. Asyik, kan?

 

Sebagai buku kumpulan cerita dari delapan ayah yang menuangkan pengalaman dan upaya mereka saat mendukung istri dalam pemberian ASI, buku ini kaya akan cerita dengan berbagai sudut pandang dan pengalaman. Seperti, bagaimana mereka belajar dari kesalahan, mendukung sepenuhnya istri untuk menyusui, memilah informasi mana yang mitos dan mana yang fakta, mempelajari seluk beluk ASI dan cerita-cerita ringan lainnya sehingga bisa dijadikan pembelajaran dari kesalahan yang dilakukan orang lain.

 

Keunikan buku Catatan Ayah ASI adalah karena membahas ASI dari sudut pandang laki-laki yang sangat jarang dilakukan oleh kaum adam. Buku ini juga direkomendasi Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Jawa Timur. Bisa dikatakan, jika anda menyusui Si Kecil dengan ASI, maka ayah jaman sekarang juga ikut “menyusui” dengan dukungan, semangat dan motivasi sehingga keluarga menjadi lebih berkualitas.

12

 

Judul buku : Catatan Ayah ASI

Penulis : Pandu Gunawan, Dipa Andika, dkk

Penerbit : Buah Hati

Terbit : Juli – 2012

Tebal : 188 halaman

 

Jadi, tunggu apalagi? Pelajari ilmunya, latihan bersama Si Kecil, dapatkan dukungan suami tercinta dan tunjang dengan nutrisi dan (minuman) pelengkap ASI. Maka menghasilkan anak cerdas dan berkualitas adalah soal waktu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *