Trik Jitu Agar Asi Banyak Dan Berkualitas

Trik Jitu Agar Asi Banyak Dan Berkualitas

ASI merupakan salah satu makanan yang sebenarnya terbaik untuk bayi dan tidak harus untuk menggantikannya selama kurang lebih enam bulan pertama saat anda sedang lahiran. ASI juga menjadi salah satu zat andibodi alami bagi bayi anda. Karena ASI sangat bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dari semua jenis yang dibutuhkan mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan juga mineral untuk bayi.
Hanya saja tidak semua ibu bisa memiliki jumlah ASI yang melimpah. Untuk bisa mendapatkan ASI yang melimpah sebenarnya ibu yang hamil harus sudah melakukan persiapan sejak awal sehingga nantinya ASI akan lancar dan juga berkualitas saat akan diberikan kepada bayinya. Pada saat hamil ibu juga sebaiknya sudah melakukan niatan untuk memberikan ASI eksklusif, jangan sampai nantinya akan menyesal karena tidak memberikan jumlah ASI yang tepat untuk anaknya. Setidaknya ada beberapa tindakan yang sebenarnya bisa ibu lakukan agar asi banyak dan berkualitas yang dapat dilakukan dengan sangat mudah diantaranya adalah :

1.Ibu harus percaya diri

Jika ibu ingin memberikan ASI ekslusif sebenarnya ibu harus menjadi percaya diri dan yakin bisa memberikan ASI pada bayi dengan lebih ekslusif. Dengan memiliki rasa percaya diri sebenarnya bisa meningkatkan hormon dari oksitosin yang mana hormon inilah yang berperan dalam memproduksi jumlah ASI yang jauh lebih banyak.

2.Ibu harus menyusui dengan cara yang benar
Untuk bisa mendapatkan produksi ASI yang sangat maksimal dan banyak maka anda harus melakukan teknik dan cara menyusui dengan benar. Saat anda menyusui, ada baiknya untuk tidak perlu untuk menekan bagian puting dari susu. Selain itu, anda juga harus mengusahakan sebagian besar bagian payudara untuk bisa masuk ke dalam mulut bayi sehingga puting yang berada di bawah dari langit – langit dan lidah bayi akan bisa menekan ASI keluar dengan mudah.

Secara umum, ASI sebenarnya akan habis telah bayi di susukan kurang lebih 10 menit hingga 15 menit. Payudara kemudian akan kembali penuh setelah kurang lebih 2 jam. Sebaiknya pada saat menyusui ada baiknya dilakukan dengan cara yang bergantian, anda bisa menggunakan payudara kiri dan kanan.
Ibu harus menghindari penggunaan dot dan empeng pada bayi
Ada baiknya jangan memberikan bayi dot ataupun empeng. Jika anda biasakan, bayi biasanya akan menolak untuk anda sodorkan ASI. Karena dot dan empeng sebenarnya terbuat dari bahan karet yang sama sekali berbeda dengan payudara dari ibu.

3.Usahakan untuk tidak memberikan susu formula
Untuk bisa menyukseskan ASI ekslusif selama enam bulan, maka ada baiknya untuk ibu tidak memberikan anak susu formula. Karena susu formula sendiri atau jenis makanan lain pada bayi biasa membuat bayi menjadi lebih kenyang. Hal ini yang menyebabkan si kecil mengkonsumsi ASI dalam jumlah yang kurang dan ini tentu saja isapan bayi pada payudara ibunya menjadi lebih berkurang.
Karena sebenarnya isapan bayi dapat memberikan rangsangan hormon oksitosin yang mana dapat memproduksi ASI dan hormon prolaktin untuk bisa mengeluarkan sejumlah ASI. Anda juga bisa melakukan IMD dimana tujuannya adalah untuk merangsang kelancaran dari produksi ASI.

4.Anda harus menghindari stress
Ibu yang menyusui juga sangat perlu untuk sebisa mungkin menghindari stress. Karena pikiran harus benar – benar rileks sehingga anda bisa mengeluarkan hormon jenis oksitosin dengan sangat baik dimana tujuannya adalah untuk merangsang produksi dari ASI. Ibu yang sedang menyusui juga harus menjauhi pikiran negatif, memiliki perasaan yang cemas, hingga tidak boleh marah – marah.

5.Harus mengkonsumsi makanan yang bergizi
Dalam sebuah penelitian menyebutkan jika status dari gizi ibu sangat mempengaruhi gagal atau setidaknya ibu memberikan ASI eksklusif selama kurang lebih enam bulan. Jika status gizi ibu memiliki jumlah yang kurang pada saat melahirkan dan jumlah konsumsi energi ibu juga saat menyusui sangat rendah maka lemak cadangan ibu untuk proses memproduksi ASI tidak akan tercukupi. Asupan gizi yang baik dan yang sesuai dengan kebutuhan nantinya akan menghasilkan sejumlah ASI yang akan jauh lebih berkualitas.

6.Lakukan prose pemijitan pada punggung
Untuk pemijitan pada punggung ibu sebenarnya sangat membantu dalam proses merangsang pengeluaran hormon oksitosin. Dimana jika hormon oksitosin akan meningkat, maka pengeluaran ASI pun menjadi jauh lebih lancar. Pemijatan untuk punggung dapat dilakukan proses perlahan menggunakan ibu jari menjadi salah satu caranya yang terbaik.

7.Simpan ASI saat ibu yang bekerja
Wanita karir sebenarnya bukan menjadi halangan untuk tetap bisa memberikan ASI ekslusif. Bagi ibu yang bekerja, ada baiknya mempersiapkan peralatan untuk memompa ASI dan juga menyimpannya di dalam kulkas. Karena kesuksesan dari ASI ekslusif pun sebenarnya tidak terlepas dari dukungan seorang suami, keluarga, dan juga tenaga yang sehat. Suami juga dapat berperan penting untuk menjaga pemikiran ibu tetap lebih rileks. Ibu pun tak perlu di desak untuk segera memberikan susu formula pada bayi jika ASI tidak berjalan dengan lancar.

8.Bila ASI tidak keluar dalam jumlah yang banyak, ada baiknya ibu melakukan konsultasi pada dokter atau bisa juga bidan. Dokter maupun bidan biasanya akan memberikan obat yang mengandung banyak galaktogogen yang mana berupa makanan seperti daun katuk dan kacang – kacangan, mulai dari herbal seperti fenugreek atau obat yang mana dapat meningkatkan produksi dari ASI. Beberapa cara ini bisa ibu lakukan agar asi banyak dan berkualitas serta juga jauh lebih lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *