Selain Memenuhi Nutrisi, Ibu Juga Perlu 3 Hal Ini Untuk Melancarkan ASI!

Selain Memenuhi Nutrisi, Ibu Juga Perlu 3 Hal Ini Untuk Melancarkan ASI!

Makanan booster ASI bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan produksi ASI, tetapi masih ada cara lain yang akan melengkapinya.

Terkadang orang berfikir kalau ASI jumlahnya sedikit lantaran kapasitas penyimpanannya kecil. Memang cukup masuk akal, namun bukan berarti kalau ASI tidak bisa mencukupi kebutuhan si kecil.

Ketika kapasitas penyimpanannya memang kecil, cara agar ASI bisa cukup adalah dengan memompa atau mengosongkan cadangan ASInya. Karena dengan cara ini, produksi ASI akan kembali terjadi.

Di sini, yang menjadi perhatian seharusnya bagaimana memenuhi kebutuhan bayi ketika bayi membutuhkan. Bukan melihat kapasitas penyimpanannya.

Kalau air susu tadi deras, tentu bukan masalah. Tapi bagaimana jika tidak, tentu pemenuhan gizi si bayi akan terhambat. Inilah yang seharusnya diperhatikan oleh ibu.

Pada kasus meningkatkan jumlah air susu ibu, mengkonsumsi makanan bernutrisi memang sangat dianjurkan. Selain itu, jangan lupa pula untuk melengkapinya dengan kebiasaan lain yang mana bisa mendukung derasnya ASI.

Makanan Bernutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Menyusui

Bicara mengenai makanan, setiap ibu menyusui wajib menyeleksi makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini tidak lain untuk memicu produksi asi tanpa mengesampingkan kondisi kesehatan ibu.

Ada beberapa makanan dan minuman untuk melancarkan ASI. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Roti gandum

Roti gandum sendiri merupakan jenis makanan yang sehat, terutama jika dikonsumsi oleh ibu yang mengandung.

Pasalnya, di dalam roti gandum terdapat kandungan asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin.

Sama halnya dengan ibu yang menyusui, asam folat yang terkandung dalam roti gandum yang dikonsumsi akan dimanfaatkan oleh bayi melalui ASI.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau juga baik dikonsumsi ibu yang menyusui. Di dalamnya tersimpan kandungan gizi yang mana bisa mendukung produksi ASI. Jadi, wajar bila Anda perlu mengkonsumsinya.

Selain itu, masih ada banyak lagi makanan yang kaya akan nutrisi. Diantaranya adalah telur, buah bluberi, beras merah dan lain sebagainya.

Semua jenis makanan yang sehat bisa meningkatkan kemampuan tubuh, akhirnya membuat tubuh lebih mudah untuk memproduksi air susu.

Kebiasaan Baik Yang Akan Meningkatkan Produksi ASI

ASI banyak bukanlah sekedar impian bagi ibu menyusui. Impian ini bisa menjadi kenyataan sehingga ibu bisa menyusui bayinya di tiap waktunya.

Selain mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, ibu perlu membiasakan 3 hal ini agar produksi ASI semakin melimpah. Apa saja kebiasaan baik tersebut?

  • Tingkatkan frekuensi dalam menyusui anak

Perlu ibu ketahui, ibu yang jarang menyusui anaknya akan mengalami penurunan dalam memproduksi air susu. Hal ini dikarenakan cadangan air susu masih tersedia di dalam payudara.

Tersedianya cadangan air susu tersebut membuat tubuh secara otomatis tidak menggerakkan organ yang berfungsi untuk memproduksi ASI.

Lain ceritanya jika payudara memiliki kekosongan, sistem di dalam tubuh akan mendapatkan sinyal secara otomatis, kemudian produksi ASI akan dilakukan.

Dengan kata lain, ibu perlu mengosongkan cadangan ASI agar sistem di dalamnya menginstruksikan untuk diisi kembali.

Jika asi tidak bisa diberikan pada anak semuanya, cara terbaik tentunya dengan memompa atau memerasnya agar bisa keluar. Toh sudah ada alat khusus untuk melakukan hal tersebut.

Asi yang sudah keluar bisa disimpan pada sebuah botol, dan bila dibutuhkan bisa diberikan pada bayi.

  • Kurangi stress

Stress bisa saja muncul pada ibu menyusui. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti memasuki suasana baru dengan si bayi yang dilahirkan.

Faktor yang satu ini memang seringkali terjadi. Akibat dari masalah tersebut adalah kian menurunnya produksi ASI yang dihasilkan oleh ibu.

Ketika asinya kian menurun, bayi akan menghisap asi sangat sedikit. Hal ini akan mempengaruhi tumbuh kembangnya kelak. Oleh karenanya, ibu perlu menenangkan dirinya.

Cara agar ibu bisa terhindar stress adalah dengan menciptakan suasana yang nyaman dan rieks.

Begitu pula, pastikan suami tercinta untuk mendampingi ibu. Karena kasih sayang suami ini akan membuat ibu lebih tenang pada saat menyusui.

  • Konsumsilah minuman/ramuan untuk melancarkan ASI

Kebiasaan baik yang sudah diajarkan oleh nenek moyang adalah mengkonsumsi ramuan untuk pelancar asi.

Banyak sekali ramuan yang bagus untuk dimanfaatkan. Ibu hanya perlu mengkonsumsinya selama masa menyusui, terlebih jika ibu mengalami masalah pada sulitnya asi keluar. Contoh dari ramuan untuk penderas air susu adalah ramuan daun katuk.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan ramuan tersebut, ada altenatif lain yang  bisa Anda manfaatkan. Alternatif itu ada pada Lactatea.

Mengapa Ibu Menyusui Perlu Lactatea?

Lactatea merupakan sejenis ASI Booster tea yang mana memiliki khasiat khusus untuk menderaskan ASI.

Produk ini sudah menjadi teman berharga bagi sebagian ibu menyusui. Karena produk ini bisa menderaskan air susu tidak begitu lama.

Ibu bisa meminum produk ini tiga kali dalam sehari. Tentunya dengan takaran yang sudah ditentukan dalam aturan pakainya. Tenang saja, Lactatea ini cukup aman, bahkan cocok sekali untuk meningkatkan produksi ASI.

Betapa tidak, Lactatea ini diramu dari bahan seperti daun katuk, daun kelor sampai jintan hitam.

Bahan-bahan ini merupakan bahan yang paling populer dalam hal merangsang produksi ASI. Jadi, wajar saja bila ibu yang sering mengkonsumsi Lactatea akan memiliki jumlah asi yang cukup di tiap harinya.

Kesimpulannya, pemberian makanan booster ASI akan cepat hasilnya jika diimbangi dengan membiasakan untuk memberikan asi pada buah hati, menghindari stress, serta meminum ramuan yang tepat selama menyusui.

sumber: www.lactatea.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *