Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Menyusui

 

Selama ini anda pasti sudah tahu kandungan dan manfaat yang terdapat pada daun katuk sehingga semua ibu hamil dan menyusui mengkonsumsi daun katuk sebagai pelancar asi murah yang paling mujarab sejak jaman dahulu. Namun, pernahkah anda mendengar kandungan dan manfaat kacang hijau bagi ibu hamil serta menyusui?

Ya, kacang hijau mengandung banyak sekali manfaat karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk melengkapi nutrisi ibu menyusui dan bayi. Sebelum kita membahas kacang hijau sebagai pelancar asi, maka lebih baik mengetahui terlebih dulu kandungan apa saja yang ada pada kacang hijau.

 

5 Kandungan Gizi  Yang Bermanfaat Pada Kacang Hijau

Anda wajib memasukkan kacang hijau sebagai pelancar asi ke dalam daftar menu makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil dan menyusui baik dibuat bubur kacang hijau atau meminum rebusan air kacang hijau. Berikut ini 5 kandungan gizi pada kacang hijau yang wajib diketahui para ibu atau orangtua.

  1. Karbohidrat

Saat seorang wanita hamil dan menyusui, maka kebutuhan kalori dalam tubuh meningkat drastis sehingga diperlukan asupan makanan yang menunjang nutrisi ibu menyusui salah satunya adalah kacang hijau sebagai pelancar asi. Kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi mencapai angka 62,90 gram/100 gram karbohidrat. Sari pati pada kacang hijau akan mengubah kalori menjadi energi yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda selama menyusui.

  1. Protein

Ibu menyusui membutuhkan asupan protein tinggi untuk memproduksi asi lebih banyak. Protein tersebut bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti sup daging atau ikan laut. Anda pun bisa mendapatkan nutrisi ibu menyusui dari mengkonsumsi kacang hijau sebagai pelancar asi sebab kandungan protein dalam kacang hijau adalah 22 gram/100 gram sehingga sangat baik untuk pertumbuhan bayi anda.

  1. Lemak

Kandungan lemak tak jenuh pada kacang hijau adalah 73% sehingga aman dikonsumsi untuk membentuk koleterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, lemak tak jenuh juga akan membantu meningkatkan jumlah panjang akson, dendrite serta neuron yang bisa meningkatkan kecerdasan otak pada bayi yang menyusu asi. Kacang hijau juga mengandung fitosterol yang mampu mencegah penyakit jantung selain kacang hijau sebagai pelancar asi. Kandungan lemak tak jenuh ini juga akan membuat anda yang menyusui memiliki nutrisi ibu menyusui yang cukup tanpa takut dengan kata gemuk.

  1. Vitamin

Kacang hijau mengandung banyak sekali vitamin seperti vitamin A, B, B1 dan C. Dengan mengkonsumsi kacang hijau, anda memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh bayi termasuk semua vitamin tersebut akan memberikan manfaat maksimal seperti vitamin A yang tersalurkan lewat asi akan mencegah devisiensi vitamin A yang mampu merusak mata. Begitu pula dengan kebutuhan vitamin lain yang bisa ditopang dari pelancar asi murah yaitu minuman kacang hijau ini.

  1. Mineral

Kalsium, fosfor dan zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Kalsium dan fosfor membantu pembentukan tulang pada janin dan mencegah osteoporosis pada ibu akibat kekurangan dua zat penting ini. Sedangkan zat besi membantu mengencerkan darah yang kental agar tidak terjadi pendarahan saat proses kelahiran yang bisa berakibat fatal seperti kematian. Zat besi juga mampu menghilangkan anemia yang kerap melanda ibu menyusui setelah proses melahirkan. Jadi, anda mendapatkan ragam manfaat lebih dari kacang hijau sebagai pelancar asi dan juga untuk kesehatan tubuh anda sendiri.

Asam folat pada kacang hijau akan membantu anda yang mungkin mengalami kesulitan menyusui seperti asi yang cepat kering atau produksi asi yang terhambat. Konsumsi kacang hijau secara rutin sejak masa kehamilan akan membantu memperlancar asi anda dan tentu juga baik untuk kesehatan janin saat dalam kandungan. Anda bisa membuat bubur kacang hijau atau bisa juga memvariasikannya agar tidak terjadi kebosanan seperti membuat kue kacang hijau atau jus kacang hijau yang nikmat.

Namun, anda perlu memperhatikan langkah-langkah pembuatan atau pengolahan kacang hijau yang benar agar kandungan gizi di dalamnya tidak berkurang atau rusak. Berikut ini, kami berikan cara mengolah kacang hijau sebagai pelancar asi yang baik untuk melengkapi nutrisi ibu menyusui.

 

Cara Mengolah Kacang Hijau Yang Baik dan Benar

Langkah pertama yang perlu anda lakukan jika ingin mengolah kacang hijau sebagai pelancar asi alami adalah melakukan proses perendaman yang benar. Sebaiknya anda merendam kacang hijau selama 24-48 jam jika menggunakan air dingin sedangkan menggunakan air hangat cukup beberapa jam saja agar kulitnya cepat terkelupas. Lebih baik lagi jika anda memakai air hangat yang telah dicampuri sedikit garam agar kulit kacang hijau terkelupas sempurna.

Jika kacang hijau telah mulai mengapung dan sebagian kulitnya terkelupas, maka sudah dipastikan jika kacang hijau tersebut siap untuk dimasak misal direbus untuk diambil airnya lalu diminum, dijadikan bubur kacang hijau hingga anda membuatnya menjadi kue.

Jika malas membuat sendiri karena anda tidak memiliki banyak waktu luang, maka bisa membeli ekstrak kacang hijau dalam kemasan yang memang dikhususkan untuk ibu menyusui. Perhatikan tanggal kadaluwarsa sebelum mengkonsumsi kacang hijau dalam kemasan agar tidak memberikan dampak negatif bagi bayi yang nanti akan mendapatkan asupan nutrisi ibu menyusui dari apa pun yang anda makan atau minum. Jadi, masukkan jus kacang hijau sebagai minuman pengganti teh atau kopi jika anda memang kerap memiliki kebiasaan minum minuman yang mengandung kafein.

 

sumber: www.lactatea.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *