Makanan yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Mengetahui lebih dalam tentang bayi dan cara merawat bayi adalah salah satu hal yang penting untuk para calon ibu. Sebagai seorang calon ibu, memang ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari barang-barang serta pengetahuan mengenai cara merawat bayi dan anak. Pengetahuan mengenai anak ini harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum anak anda lahir agar anda tidak kaget dan bingung ketika anak anda sudah lahir. Sesungguhnya rasa kaget dan bingung pasti ada apalagi jika anda baru pertama kali memiliki bayi, akan tetapi rasa bingung akan apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan ketika merawat bayi tidak akan sebesar ketika anda belum memiliki persiapan apapun.

Salah satu hal yang perlu anda persiapkan dengan matang sebelum memiliki bayi adalah pengetahuan mengenai kegiatan menyusui. Menyusui merupakan salah satu hal yang sesungguhnya wajib dilakukan oleh ibu yang melahirkan. Hal ini disebabkan karena air susu memiliki kandungan yang penting untuk perkembangan dan kesehatan bayi. Ada banyak hal yang perlu diketahui tentang bayi dan juga mengenai kegiatan menyusui, salah satunya adalah mengenai makanan yang tepat untuk dikonsumsi ibu yang sedang dalam masa menyusui. Semua makanan sesungguhnya merupakan hal yang baik untuk ibu yang menyusui, akan tetapi ada beberapa makanan yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan atau melancarkan produsi ASI atau Air Susu Ibu sehingga masa menyusui dapat dimaksimalkan. Lalu apa saja makanan yang tepat untuk ibu yang berada pada masa menyusui? Berikut ini adalah ulasan mengenai makanan yang baik untuk ibu yang sedang menyusui.

*Air putih
Meski kita sedang membicarakan mengenai makanan yang baik untuk ibu yang sedang menyusui, tapi keberadaan air putih sebagai konsumsi ibu yang sedang berada pada masa menyusui ini merupakan salah satu hal yang esensial. Diluar pembicaraan tentang bayi dan menyusui, air putih sendiri merupakan salah satu konsumsi yang wajib untuk tubuh manusia, apalagi bagi ibu yang sedang menyusui. Sebagai wanita yang menyusui, konsumsi air putih yang cukup merupakan salah satu hal yang penting agar tubuh ibu yang sedang menyusui dapat memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup. Saat ini tidak banyak orang yang cukup peduli dengan jumlah minuman yang dikonsumsinya, hal ini menyebabkan tubuh anda menjadi kurang air atau dehidrasi. Ketika seorang wanita yang berada pada masa menyusui mengalami dehidrasi, maka produksi air susunya juga akan berkurang. Jika anda memiliki pengetahuan tentang bayi yang tinggi, maka minumlah air yang cukup meski tidak merasa kehausan.

*Oatmeal
Selain minum air putih dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan tubuh, mengkonsumsi oatmeal juga merupakan hal yang penting untuk menjaga produksi air susu untuk bayi anda. Selain membantu meningkatkan produksi air susu yang anda miliki, mengkonsumsi oatmeal juga sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Selain untuk ibu yang sedang menyusui mengkonsumsi oatmeal juga dapat membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol anda dan juga memperbaiki tekanan darah anda. Oleh karena itu oatmeal merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk anda baik yang sedang berada pada masa menyusui atau tidak.

*Bawang putih
Bicara tentang bayi dan bawang putih mungkin agak kurang masuk akal. Hal ini disebabkan karena bawang putih merupakan makanan yang identik dengan antioksidan. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa bawang putih sesungguhnya tidak hanya baik untuk pertahanan tubuh tapi juga memiliki banyak manfaat yang lain terutama jika dikonsumsi oleh ibu yang berada pada masa menyusui. Bawang putih dapat ditambahkan dalam makanan seperti salad untuk membuat makanan tersebut terasa lebih nikmat. Dengan mengkonsumsi bawang putih ini, anda bisa mendapatkan manfaat berupa peningkatan jumlah produksi air susu sehingga anda tidak perlu lagi takut anak anda kekurangan air susu. Sebetulnya konsumsi bawang putih sebagai makanan untuk meningkatkan produksi air susu ini sudah banyak digunakan sejak waktu yang lama. Tapi karena bawang putih memiliki aroma dan rasa yang kuat maka akan sulit bagi anda untuk mengkonsumsinya. Jika anda mau, maka anda bisa mengkonsumsi pil dari bahan bawang putih yang hingga kini bisa anda dapatkan dengan mudah di drugstore.

*Wortel
Satu lagi jenis makanan yang sangat cocok untuk anda yang sedang berada pada masa menyusui. Jenis makanan ini adalah wortel. Wortel merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer jika kita bicara tentang bayi. Hal ini disebabkan karena wortel merupakan jenis makanan yang banyak digunakan dalam membuat makanan pertama untuk bayi. Ternyata, sayuran ini tidak hanya cocok untuk makanan pertama untuk buah hati anda tapi juga cocok untuk anda yang berada pada masa menyusui. Wortel merupakan sayuran yang cocok untuk bayi dan anda yang sedang menyusui karena kandungan beta carotennya yang tinggi. Kandungan beta karoten ini tidak hanya cocok untuk membuat makanan bagi bayi tapi juga untuk meningkatkan produksi air susu anda. Selain memilik kandungan beta karoten, wortel juga memiliki kandungan karbohidrat dan juga potasium. Oleh karena itu jika anda sedang mencari makanan yang cocok untuk meningkatkan produksi ASI anda, mengkonsumsi wortel merupakan salah satu hal yang tepat. Untuk mengkonsumsi sayuran ini, cara yang paling baik adalah dengan mengkonsumsinya sebagai snack anda. Selain untuk meningkatkan produksi asi, mengkonsumsi wortel selama proses menyusui juga dapat membantu mengurangi lemak yang anda dapatkan pada saat hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *