Makanan Sehat Untuk Melancarkan ASI

Makanan Sehat Untuk Melancarkan ASI

Makanan sehat harus banyak dikonsumsi oleh ibu hamil karena janin di dalam rahim sangat bergantung pada makanan ibunya. Namun tidak hanya ibu hamil yang harus mengkonsumsi makanan sehat, ibu yang sedang menyusui pun juga harus tetap menjaga asupan makanan mereka. Hal ini karena setiap jenis makanan yang dimakan akan memberi pengaruh besar untuk sang bayi. Makanan sehat akan menghasilkan bayi yang sehat pula.

 

Asupan Makanan Ibu Dan Pengaruhnya Terhadap Bayi

Pastikan mengkonsumsi makanan seimbang untuk kebutuhan si kecil, jangan sampai Anda mengkonsumsi banyak makanan tertentu sehingga mengakibatkan alergi pada bayi Anda. Protein memang sangat diperlukan untuk buah hati tetapi akan sangat tidak baik bila mengkonsumsi protein secara berlebihan. Misalnya saja susu sapi yang kaya protein kemudian dikonsumsi oleh ibu menyusui yang harusnya sangat baik menjadi berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Efek yang timbul pada bayi biasanya terdapat bintik – bintik merah, tapi itu akan hilang dengan sendirinya apabila kadar protein pada bayi sudah seimbang atau sudah normal kembali.

Selain mengkonsumsi makanan sehat seorang ibu menyusui juga harus memenuhi kebutuhan mineralnya sehingga menambah takaran air minum setiap harinya sangat dianjurkan sekali.

Mineral yang terpenuhi akan membuat ASI melimpah, selain air putih seorang ibu menyusui juga bisa memenuhi kebutuhan mineral dengan meminum beraneka macam jus ataupun susu. Pastikan Anda selalu menjaga pasokan air minum untuk pelancar ASI.

 

Makanan yang Bisa Melancarkan ASI

Ibu yang cerdas akan memakan makanan yang baik untuk ASI mereka. Banyak jenis makanan sehat sebagai pelancar asi, diantaranya:

  1. Daun pepaya

Meskipun rasanya pahit tetapi daun pepaya ini sangat baik dikonsumsi untuk pelancar ASI. Cukup direbus kemudian dimakan maka ASI sudah bisa kembali melimpah. Ataupun juga bisa dibuat sayur terlebih dahulu supaya rasa pahitnya berkurang.

      2.Brokoli

Pelancar ASI lainnya yaitu brokoli. Kandungan yang terdapat pada brokoli dipercaya dapat melancarkan ASI. Banyak cara untuk yang dapat dilakukan untuk mengolah brokoli supaya dapat dimakan, diantaranya dapat ditumis, dijadikan sup ataupun yang lainnya

      3.Bayam

Sayur bayam sangat kaya akan zat besi dan zat besi ini sangat membantu sekali dalam pembentukan ASI, kenapa? Karena zat besi berguna dalam pembentukan sel darah merah pada ibu menyusui sehingga ASI akan menjadi lancar.

4.Wortel

Kandungan enzim phytoestrogen sangat baik sekali dalam menghasilkan ASI dalam jumlah yang sangat banyak. Para ibu menyusui sebaiknya meminum jus wortel sebelum makan pada siang hari sehingga produksi ASI dapat berlangsung pada sore harinya. Wortel yang kaya dengan vitamin A ini sangat baik untuk kesehatan mata sang ibu dan buah hatinya. Jadi sangat baik sekali mengkonsumsi wortel untuk pelancar ASI.

5.Air

Air minum merupakan salah satu pelancar ASI murah karena dapat kita jumpai dimana saja. Apabila seorang yang menyusui kekurangan cairan untuk tubuh mereka maka ASI tidak dapat di produksi dengan baik. Oleh karena itu menjaga konsumsi air minum sangat baik sekali untuk ibu yang sedang menyusui.

     6.Jagung manis

Jagung satu ini sangat baik sebagai pelancar ASI seorang ibu yang sedang menyusui. Kandungan karbohidrat serta protein sangat baik sekali untuk memproduksi ASI seorang ibu dan juga bermanfaat untuk memenuhi kandungan ASI. Dan apabila seorang ibu yang baru melahirkan dan ASI belum keluar maka sangat disarankan sekali untuk mengonsumsi jagung anis ini. Banyak pengolahan yang dapat dilakukan untuk menjadikannya makanan yang baik untuk dimakan, misalnya saja ditumis, direbus dan cara lainnya.

     7.Oat

Sejenis gandum yang sangat banyak sekali mengandung serat ini sangat baik dalam memproduksi ASI. Dalam penyajiannya oat dapat diolah menjadi bubur dan beragam jenis masakan lainnya.

8.Kacang mete

Jenis kacang-kacangan satu ini sangat baik sekali dalam memproduksi ASI. Kandungan protein yang terdapat pada kacang mete inilah yang dapat membuat ASI menjadi lebih banyak dari biasanya.

     9.Daun katuk

Dari zaman dahulu daun katuk sudah dipercaya sebagai pelancar ASI. Daun ini memiliki rasa pahit sehingga harus dilakukan proses memasak terlebih dahulu supaya rasanya sedikit lebih enak. Namun pada saat ini daun katuk sudah sangat sulit sekali untuk ditemukan.

     10.Biji jinten hitam

Biji ini sangat baik sekali sebagai pelancar ASI. Kandungan zat besi dan protein yang terdapat di dalamnya sangat baik sekali untuk para ibu menyusui dalam memproduksi ASI. Selain itu biji jinten hitam sudah sangat mudah kita temui pada toko – toko jamu ataupun toko obat.

     11.Wijen hitam

Biji kecil yang biasa digunakan dalam kue ini ternyata sangat baik sekali untuk ibu menyusui. Kandungan kalsium yang terdapat pada biji ini dipercaya bisa menjadi pelancar ASI.

    12.Mengkonsumsi multivitamin

Vitamin tambahan sangat dianjurkan sekali untuk ibu menyusui. Vitamin ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi lain untuk ibu menyusui sehingga produksi ASI mereka bertambah banyak. Gunakan multivitamin yang lengkap dan baik supaya kebutuhan tubuh benar-benar terpenuhi. Lactatea adalah sebuah multivitamin yang sangat baik sekali untuk dikonsumsi sebagai pelancar ASI.

Lactatea mujarab sebagai pelancar ASI karena kandungan yang terdapat pada Lactatea ini sangat beragam, mulai dari daun katuk yang sudah sangat langka hingga biji-bijian yang kaya akan protein. Cukup meminumnya dua sampai tiga hari maka produksi ASI akan kembali melimpah. Dengan adanya Lactatea ini sangat memudahkan ibu menyusui dalam mendapatkan ASI yang melimpah sehingga tidak perlu khawatir lagi dalam pemenuhan makanan sang buah hati.

sumber: www.lactatea.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *