Makanan Dan Minuman Pelancar ASI Solusi Cerdas Ketimbang Obat

Makanan Dan Minuman Pelancar ASI Solusi Cerdas Ketimbang Obat

Sudahkah ibu mengkonsumsi makanan dan minuman pelancar ASI? Apakah Anda sudah tahu apa saja jenisnya?

Bagi ibu menyusui, kelancaran ASI adalah yang terpenting. ASI diberikan pada anak untuk tumbuh kembangnya.

Bahkan ASI dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan anak. Karena ASI memiliki kandungan nutrisi lengkap dibandingkan dengan makanan lainnya.

ASI setidaknya harus diberikan terhitung semenjak bayi dilahirkan sampai 6 bulan kedepan. Tentu ini batas minimal pemberian ASI. Yang artinya, ASI tetap bisa diberikan pada anak yang usianya lebih 6 bulan.

Setelah usia 6 bulan, ibu baru diperbolehkan untuk memberikan asupan selain ASI. Misalnya adalah pisang yang sudah dihaluskan, kemudian susu formula dan lain sebagainya.

Tapi sebelum mencapai 6 bulan, makanan bayi seharusnya ASI saja. Hal ini dilakukan demi terjaganya pertumbuhan bayi. Lalu, bagaimana jika ibu tidak bisa menyediakan ASI yang cukup?

Jika ibu merasa jika produksi ASI terus menurun, ada baiknya ibu memperhatikan pola menyusui dan pola makan.

Pola menyusui ini bisa berpengaruh. Bila ibu sering menyusui (mengosongkan payudara dari ASI), maka tubuh bisa segera mengirim sinyal untuk memproduksi ASI.

Sebaliknya jika ibu jarang menyusui anak (ASI mASIh tersisa), maka sinyal produksi ASI akan kecil. Lambat laun, jumlah ASI akan kian menurun, bahkan terhambat produksinya.

Sementara pola makan sendiri, ibu perlu mengkonsumsi makanan lebih inten. Kemudian perhatikan pula jenis makanan yang akan dikonsumsi. Mengenai makanan panambah ASI, ibu bisa mengintipnya di bawah ini.

Oatmeal

Oatmeal normalnya dikonsumsi di pagi hari (sarapan), tapi bisa juga dikonsumsi di jam makan lainnya.

Jenis makanan ini mASIh jarang dikonsumsi di tanah air, padahal jika dilihat dari manfaatnya sangatlah besar. Terutama dihubungkan dengan peningkatkan jumlah ASI.

Ketika ibu mengalami masalah kemampetan ASI, ada baiknya ibu melirik pemanfaatan oatmeal ini. Toh, penyajiannya lebih praktis, dan rasanya enak.

Tak hanya sebatas untuk meningkatkan ASI saja, oatmeal ini bisa membantu ibu dalam mengembalikan tenaga yang terkuras.

Oatmeal juga menjadi sumber pangan yang berguna untuk mencegah terjadinya diabeter setelah ibu melahirkan. Jadi, makanan ini tak hanya bagus untuk pelancaran ASI, namun bagus juga untuk kesehatan ibu.

Daun Kemangi

Daun kemangi sangat mudah ditemukan, terutama dalam bentuk lalapan. Daun ini memiliki aroma yang sedap, tentunya dibarengi dengan rasa yang enak bagi yang menyukainya.

Bagi ibu yang menyukainya, mengkonsumsi daun kemangi menjadi alternatif yang bagus untuk membuat ASI semakin deras.

Manfaat daun kemangi ini begitu besar. Selain untuk membuat ASI lebih deras, daun kemangi juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh ibu.

Hal ini dikarenakan daun kemangi menjadi daun penghASIl antioksidan alami. Dengan kandungan tersebut, sistem imunitas ibu akan semakin kuat. HASIlnya, ibu menjadi lebih sehat.

Manfaat selanjutnya adalah sebagai bahan untuk merilekskan ibu ketika menyusui. Oleh karenanya, jangan lewatkan untuk mengkonsumsi daun kemangi selama masa menyusui.

Ikan Salmon

Makanan pelancar ASI yang sudah dikenal sejak lama adalah daging ikan salmon. Jenis makanan ini memang sudah lama dikenal dalam dunia kesehatan. Artinya, tidak hanya baik untuk ibu menyusui, tapi baik untuk ibu-ibu lainnya yang ingin lebih sehat.

Di dalam daging ikan salmon terkandung omega 3 yang baik untuk ibu menyusui. Malahan, kandungan tersebut juga bisa meningkatkan hormon laktASI.

Peningkatan hormon laktASI inilah yang nantinya akan membuat ASI menjadi semakin deras. Bahkan peningkatan ini menjadikan ASI lebih kental dan berkualitas.

Bagaimana cara menyajikannya? Mengenai penyajiannya, ibu bisa menyajikannya sesuai selera misalnya dipanggang.

Wortel

Wortel termasuk dalam kategori sayuran, memiliki kandungan vitamin A. Tak heran jika wortel ini sering dinikmati oleh orang yang memiliki masalah dengan mata.

Lebih dari sekedar menangani masalah mata, wortel ternyata bisa dimanfaatkan oleh ibu menyusui. Yakni untuk menangani permasalahan menurunnya jumlah ASI.

Ibu bisa meningkatkan jumlah air susunya dengan segera setelah mengkonsumsi wortel. Caranya adalah dengan membuat jus wortel.

Menariknya, kandungan vitamin A yang besar dalam wortel ini bisa membantu dalam meningkatkan kualitas ASI.

Dengan kata lain, tidak hanya jumlahnya tapi kualitasnya juga didapatkan. Makanya, tak berlebihan jika ibu disarankan untuk mengkonsumsi wortel, baik itu dibuat menjadi jus, atau dikukus.

Pepaya

Jenis makanan lain yang tak kalah menarik untuk dikonsumsi ibu menyusui adalah buah pepaya. Buah yang satu ini bisa dikatakan sebagai buah super. Karena manfaatnya begitu banyak untuk kesehatan ibu.

Manfaat yang bisa didapatkan adalah melancarkan ASI yang tersumbat, kemudian memberikan efek tenang bagi ibu.

Pemanfaatannya cukuplah sederhana, ibu perlu memilih pepaya yang sudah masak untuk dikonsumsi.

Jus Buah Serta Air Putih

Jus buah dan air putih ini dimaksudkan untuk mengganti cairan yang hilang setelah melahirkan atau saat menyusui.

Adanya cairan ini membuat tubuh ibu menjadi lebih segar dan sehat. Artinya, tidak ada permasalahan pada tubuh sehingga proses alamiah di dalam tubuh tidak terganggu.

Namun harus diingat, pilihlah jenis buah yang memang boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui. Jika menjadi pantangan untuk ibu menyusui, maka jangan dikonsumsi.

Kemudian untuk melengkapinya, Anda bisa meminum Lactatea sebagai pemicu derasnya ASI. Lacatatea adalah semacam ASI booster, bisa dikonsumsi di tiap harinya untuk memperlancar jalannya ASI.

Kesimpulannya, tetaplah berikan ASI dan jaga pola makan agar ASI tetap bisa lancar tanpa obat. Jadi, sudahkah Anda mengkonsumsi makanan dan minuman pelancar ASI saat ini?

sumber: www.lactatea.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *