Konsumsi Makanan Penambah Asi Bayi Berikut Ini Untuk Memperlancar ASI Bunda

Konsumsi Makanan Penambah Asi Bayi Berikut Ini Untuk Memperlancar ASI Bunda

Mengkonsumsi makanan penambah ASI bayi merupakan salah satu alternatif yang bisa Bunda pilih ketika produksi ASI tidak lancar. Kondisi seperti ini bisa berbahaya jika tidak segera Bunda sikapi. Apalagi untuk bayi usia di bawah 6 bulan yang ASI merupakan makan pokok setiap harinya.

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa tidak semua ibu menyusui memiliki produktivitas ASI yang stabil. Lantas bagaimana cara untuk menyikapinya?

Perlu Bunda ketahui bahwa produksi ASI ini akan naik turun tergantung dengan permintaan si kecil atau yang sering disebut dengan demand. Akan tetapi sebenanrnya kondisi seperti ini adalah kondisi yang normal.

Kenapa bisa disebut kondisi yang normal? Sebab normalnya produksi ASI ini tergantung dari kebutuhan si kecil, kecuali ada faktor lain yang menjadi penghambat lancarnya produksi ASI itu sendiri.

Lantas bagaimana jika ternyata produksi ASI menjadi sangat berkurang? Sedangkan di sisi lain si kecil merengek terus minta untuk disusui?

Jika memang seperti ini yang terjadi, berarti kemungkinan ada gangguan pada produksi ASI Bunda. Jadi Bunda harus segera menyikapinya dengan tepat supaya produksi ASI bisa lancar lagi dan kebutuhan nutrisi harian si kecil bisa tercukupi. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan pelancar ASI balita.

Kemudian bagaimana dengan ibu menyusui yang sejak dari paska melahirkan produksi ASI-nya selalu tidak maksimal? Bagi para ibu menyusui yang kebetulan sedang menghadapi problem seperti ini cobalah manfaatkan makanan pelancar ASI batita untuk memperlancar produksi ASI.

7 Makanan Untuk Memperbanyak Asi Bayi

Penting sekali untuk selau mencukupi gizi ibu menyusui sejak dini. Hal ini dimaksudkan agar supaya produksi ASI Bunda bisa tetap terjaga dengan baik. Pada dasarnya ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu ASI menjadi melimpah.

Makan-makanan ini tentunya di dalamnya mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh untuk mendukung produksi ASI supaya bisa melimpah. Untuk beberapa makanan penambah ASI balita yang bisa Bunda pilih adalah:

  1. Pepaya

Pepaya ini baik buah maupun bunganya kaya akan kandungan vitamin A dan C serta beberapa mineral penting seperti asam folat, kalsium, dan enzim papain. Enzim papain ini berfungsi untuk membantu pencernaan protein.

Dan ibu menyusui membutuhkan banyak pasokan protein untuk memproduksi ASI. Pepaya juga banyak mengandung cairan yang sangat dibutuhkan pada saat memproduksi ASI.

  1. Daun Katuk

Alasan kenapa daun ketuk menjadi salah satu jenis makanan penambah ASI batita karena memiliki kandungan laktagagum yang sangat erat hubungannya dengan peningkatan produksi ASI.

Tidak hanya itu saja, kandungan steroid dan polifenil pada daun katuk ini bisa meningkatkan kadar prolaktin yang baik untuk kesehatan tubuh Bunda. Sehingga produksi ASI bisa lebih optimal lagi.

  1. Ubi Jalar

Ubi dan makanan dengan warna orange atau merah lainnya seperti wortel sangat kaya akan kandungan betakaroten yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan suplai ASI. Selain itu, daun dari ubi jalar juga memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi ASI.

Pada daun ubi jalar ini terkandung zat laktogogum yang memiliki kemampuan untuk membantu memperbanyak produksi ASI Bunda. Selain itu daun ubi jalar ini juga kaya akan kandungan zat besi dan karotenoid.

  1. Sup Daging atau Ayam atau Ikan

Sup dahing atau ayam atau ikan juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk memperbanyak ASI balita. Alasannya kuah sup bisa menambah asupan cairan untuk tubuh sedangkan daging atau ayam atau ikan adalah penyuplai protein yang sangat baik untuk tubuh.

  1. Bayam

Alasannya adalah karana bayam ini kaya akan kandungan zat besi yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada bayam bisa meningkatkan daya tahan tubuh dari si kecil.

Bayam juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, C, E, dan K, protein serta berbagai jenis mineral seperti asam folat, ribloflavin, thianim, magnesium, kalsium, kalium, dan fosfor.

Sama juga dengan sayuran berdaun hijau lainnya, bayam ini di dalamnya juga terkandung enzim Phytoestrogens yang bisa berfungsi memperbanyak produksi ASI. Lantaran enzim Phytoestrogens ini umumnya terkandung di dalam sayuran berdaun hijau maka tidak hanya bayam saja, jenis sayuran hijau lainnya juga bisa Bunda manfaatkan untuk memperlancar ASI.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bisa dijadikan salah satu pilihan sebagai makanan untuk memperbanyak ASI batita. Kacang-kacangan ini adalah sumber protein yang sehat serta dikenal dapat mendukung produksi ASI supaya lebih optimal.

Bahkan di beberapa negara, kacang-kacangan ini menjadi cemilan wajib bagi ibu yang ingin meningkatkan pasokan susunya. Kacang almond dan kacang mete merupakan pilihan terbaik saat ingin memperlancar ASI.

Selain kacang almond dan kacang mete, kacang kedelai atau olahan yang berasal dari kacang kedelai juga bisa Bunda pilih pada saat ingin memperbanyak produksi ASI.

  1. Lactatea Booster Tea

Makanan untuk memperlancar ASI bayi yang terakhir bernama Lactatea Booster Tea. Lactatea ini sebenarnya suplemen penambah ASI namun sangat aman bagi para ibu dan juga bayi.

Sebab makanan untuk memperlancar ASI balita yang satu ini dibuat dengan mengunakan bahan alami tanpa mencampurkan bahan kimia sedikitpun. Dan yang terpenting sebenarnya adalah dapat dengan cepat memperlancar ASI.

Dengan memanfaatkan Lactatea Booster Tea ini tidak butuh waktu lama ASI bisa menjadi lancar. Hanya butuh waktu 1 sampai dengan 3 hari ASI Bunda akan berubah menjadi lancar dan tidak seret lagi.

Itulah beberapa pilihan makanan untuk memperlancar ASI batita yang bisa Bunda pilih. Konsumsi selalu makanan penambah ASI bayi supaya pasokan ASI tidak terhambat dan tumbuh kembang si kecil menjadi lebih optimal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *