Jenis Vitamin Ibu Menyusui Yang Harus Dipenuhi

Jenis Vitamin Ibu Menyusui Yang Harus Dipenuhi

Pada saat masih dalam masa ibu menyesui maka seorang ibu harus memiliki nutrisi yang benar – benar cukup dengan kualitas air susu ibu atau ASI yang baik. Karena ASI sendiri akan sangat mempengaruhi perkembangan dari si anak nantinya. Namun untuk nutrisinya sendiri harus benar – benar cukup dan terdiri dari vitamin dan mineral yang bisa mencukupi kebutuhan sehari – hari dari si anak. Untuk vitamin untuk ibu yang menyusui sendiri diharapkan untuk tidak memiliki jumlah yang kurang. Untuk itu ibu harus memenuhi kekurangan nutrisi dari gizi yang memang sangat dibutuhkan dalam waktu sehari, karena ini nantinya akan sangat mempengaruhi kesehatan dari ibu yang menyusui dan si anak.

Jika dilihat dengan lebih mendalam, dalam kehidupan sehari – hari ada banyak sekali sumber makanan yang memiliki vitamin dan juga mineral yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama adalah untuk ibu yang menyusui. Dimana yang dibutuhkan adalah kreasi yang tepat dalam melakukan kombinasi nutrisi yang terbaik sehingga nantinya bisa seimbang dan juga tidak lagi berlebihan. Nah untuk nutrisi dari ibu yang menyusui sudah sangat jelas dibutuhkan setidaknya 2 kali jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah normal yang sudah umum, karena untuk ibu yang menyusui sebenarnya benar – benar harus memiliki nutrisi yang baik sehingga nantinya bisa mencukupi kebutuhan untuk dirinya dan juga untuk anaknya nanti.

Dan berikut ini adalah beberapa vitamin ibu menyusui yang dapat dan harus dipenuhi untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dari anak sehari – harinya. Dengan memenuhi kebutuhan ini anda juga sudah memenuhi kebutuhan dari si kecil. Diantaranya adalah :


1.Penuhi Vitamin D
Vitamin D sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Ibu yang saat ini sedang dalam masa menyusui sangat penting untuk memenuhi kebutuhan ini. Dan untuk seorang Ibu bisa memenuhi kebutuhannya ini dengan mengkonsumsi jamur, minyak hati dari jenis ikan kod, kedelai, susu, keju, salmon, ikan tuna dan masih banyak lainnya. Selain itu, anda juga bisa mendapatkannya dari sinar matahari pagi yang mana juga memiliki kandungan vitamin D yang sebenarnya sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Beberapa cara mudah ini bisa menjadi salah satu cara dalam memenuhi kebutuhan si kecil dengan jauh lebih mudah.

2.Mengkonsumsi Vitamin C
Mengkonsumsi vitamin C sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh terutama adalah untuk ibu yang menyusui untuk tetap sehat dan fit serta segar. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C. Beberapa diantaranya adalah brokoli, strawberry, jambu biji, paprika merah, kiwi, kubus, jeruk dan masih banyak juga buah lainnya. Anda juga bisa menambahkan suplemen makanan yang juga mengandung banyak kandungan vitamin C. Tapi akan jauh lebih baik jika anda mengkonsumsi buah dan sayur yang jauh lebih variatif.

3.Mengkonsumsi Asam Folat
Asam folat juga merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuihkan oleh ibu yang sedang hamil dan juga ibu yang sedang menyusui. Hal ini karena asam folat sendiri memiliki banyak manfaat terutama adalah dalam proses pembentukan jaringan otak pada anak. Ibu yang menyusui bisa saja memperoleh asam folat dari buah alpukat, buah jeruk, kentang, pepaya, bayam, brokolo hingga wortel dan masih banyak lainnya. Anda bisa mengkonsumsi asam folat ini dengan lebih variatif untuk bisa mendapatkan nutrisi asam folat disetiap harinya.

4.Mengkonsumsi Vitamin E
Kandungan vitamin E juga sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang dalam masa menyusui. Ibu yang sedang menyusui sebenarnya bisa mendapatkan kandungan vitamin E dari beberapa sayuran dan juga kacang – kacangan. Beberapa diantaranya adalah bayam, sawi, brokoli, kacang almond, kacang hijau dan masih banyak lainnya. Dan kandungan vitamin E sendiri sebenarnya memiliki kandungan antioksidan yang memang benar- benar sangat baik untuk bisa menangkal radikal bebas yang dianggap sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui.

5.Mengkonsumsi Vitamin A
Vitamin A juga merupakan salah satu jenis nutrisi untuk ibu yang menyusui dimana memang benar – benar harus dipenuhi karena memang sangat dibutuhkan. Ibu yang sedang menyusui bisa mendapatkan asupan dari vitamin A dari beberapa jenis makanan diantaranya adalah dengan mengkonsumsi wortel, bayam, brokoli, kangkung, telur, pepaya hingga mangga serta banyak yang lainnya juga.

6.Mengkonsumsi Vitamin B6
Ibu yang sedang dalam masa menyusui si kecil sebenarnya memerlukan setidaknya 2 mg vitamin B6 dalam waktu satu hari. Sehingga ibu yang sedang masa menyusui bisa memenuhi kebutuhannya dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung B6 diantaranya adalah pisang, bayam, brokoli, semangka, tomat, ikan tuna dan juga beberapa jenis kacang – kacangan. Ibu juga bisa mengkombinasikan makanan ini untuk kebutuhan sehari – hari demi memenuhi kebutuhan dari si kecil yang hanya mengkonsumsi ASI.


Beberapa jenis vitamin ibu menyusui di atas memang sangat diperlukan dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari seorang ibu yang sedang menyusui. Anda juga bisa memasukkan asupan vitamin dari banyak jenis makanan yang bervariasi dalam menu sehari – hari sehingga nantinya bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan juga mineral untuk ibu yang sedang menyusui dan juga untuk si kecil. Ada baiknya untuk ibu menyusui mulai menjaga kesehatan dan mengatur jumlah nutrisi yang baik untuk anak seperti vitamin sehingga nantinya si kecil akan jauh lebih mudah dalam tumbuh dan berkembang dengan jauh lebih sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *