Bagaimana Cara Melancarkan ASI

Bagaimana Cara Melancarkan ASI

ASI atau air susu ibu merupakan minuman untuk bayi yang sebaiknya wajib diberikan selama 6 bulan penuh. Masa-masa ini, seorang bayi hendaknya diberikan  ASI saja tanpa adanya campuran makanan yang lain. ASI eksklusif sangat baik untuk perkembangan bayi, baik perkembangan fisik maupun psikis.

Sayangnya, tak semua ibu bisa memberikan ASI-nya secara penuh karena berbagai faktor. Mulai dari faktor kesehatan ibu dan juga psikisnya. Banyak cara jitu dilakukan sebagai pelancar ASI dan memenuhi kebutuhan si bayi akibat ASI tidak lancar. Hal tersebutlah yang membuat banyak ibu memiliki kekhawatiran yang cukup besar akibat ketidaklancaran ASInya.

 

Cara Melancarkan ASI

Berikut ini adalah cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui bayi:

  1. Mengonsumsi daun katuk

Faktor makanan bisa menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan jumlah produksi ASI. ASI yang sedikit membuat banyak ibu merasa khawatir terhadap buah hatinya. Maka dari itu, daun katuk adalah salah satu pelancar ASI yang sangat mujarab. Daun ini bisa di buat sayur sesuai dengan selera.

Banyak ibu yang sudah membuktikan khasiat dari daun katuk yang bisa memperlancar ASI. ASI yang mampet tentu saja sangat mengganggu ibu, selain bayi akan reel juga asupan makanannya terhambat. Bayi memang sangat bagus mengonsumsi ASI saja selama 6 bulan pertama setelah kelahiran.

  1. Mengonsumsi rebusan buah pepaya

Buah papaya adalah buah yang sangat kaya akan khasiat. Selain buah, daunnya bisa sebagai pelancar ASI. Namun kali ini yang digunakan adalah buah pepaya yang masih muda yang kulitnya masih berwarna hijau.

Caranya yakni buah pepaya yang berwarna hijau dikupas dan diiris kemudian direbus. Setelah direbus sampai mendidih, air disaring dari buahnya tadi. Lalu yang diambil dan digunakan adalah bagian air rebusannya. Selain buah pepaya, sebenarnya wortel pun bisa digunakan untuk melancarkan ASI.

ASI yang lancar bisa didapatkan dari makanan-makanan sehat yang memiliki nutrisi yang tinggi. Sebab di dalam makanan yang berserat dan bernutrisi tinggi terdapat zat yang akan melancarkan air susu secara alami.

  1. Memijat-mijat payudara

Cara selanjutnya agar produksi ASI tetap stabil adalah dengan memijat-mijat bagian payudara. Cara ini bisa dilakukan saat bayi sedang tidak minum. Kalau bunda sedang rileks, gunakan cara memijat secara memutar pada bagian payudara agar tidak kaku. Cara ini

  1. Sering menyusui

Cara yang paling tepat untuk menambah jumlah produksi ASI adalah dengan sering menyusui. Ibu menyusui yang sering akan memiliki produksi ASI yang banyak. Berbeda dengan ibu yang jarang menyusui. Pedoman air ASI itu sama dengan supply bu demand. Ketika semakin membutuhkan banyak ASI, maka ibu hamil juga akan sering menyusui sehingga produksi ASI  akan meningkat. Berbeda dengan ibu yang jarang menyusui, otomatis produksi ASI juga akan berkurang dengan sendirinya.

  1. Memompa dengan pompa payudara

Cara ini bisa dikatakan adalah cara klasik yang sering dijumpai di masyarakat. Ibu menyusui yang kesulitan mendapatkan ASI, bisa memanfaatkan pompa payudara untuk melancarkan ASI. Pompa akan merangsang keluarnya ASI sesuai dengan kebutuhan. Kadang ASI seorang ibu susah keluar sehingga diganti dengan susu formula. Padahal susu terbaik adalah susu ibu tanpa ada tambahan zat-zat pengawet dan sebagainya.

  1. Menghindari stress

Stress yang berlebihan pada ibu menyusui akan mengurangi jumlah ASI. Maka agar zat Lactatea mujarab bisa memperlancar ASI Anda, Anda dapat selalu berpikir positif. Berpikir sesuatu yang membahagiakan tentunya akan menjadi jalan Anda untuk agar terhindar dari stress. Stress yang berlebihan akan memicu yang namanya gangguan psikis. Gangguan psikis bisa menyebabkan yang namanya gangguan kelancaran ASI.

Hendaknya seorang ibu harus lebih bijak dalam menyikapi suatu masalah kalau sedang tahap menyusui. Banyak hal yang harus dihindari ibu yang sedang menyusui, seperti merokok, mengonsumsi minuman keras, soda, dan makanan berpengawet. Hal ini akan berpengaruh buruk pada kondisi seorang anak. Anak-anak yang masih balita harusnya berada di dalam pengasuhan ibu yang sehat, baik fisik dan psikisnya.

  1. Minum air putih yang banyak

Air putih merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI untuk ibu hamil. Air putih yang merupakan cairan terbaik untuk tubuh bisa menambah produksi ASI bagi ibu menyusui. Air putih sudah selayaknya menjadi pilihan ibu untuk menjadikan zat Lactatea mujarab.

Semakin ibu menyusui menggunakan air sebagai pelancar ASI, jumlahnya pun juga akan meningkat. Kini tak usah ragu lagi untuk ibu meminum air yang banyak. Air yang cukup dalam tubuh juga akan melancarkan peredaran darah serta membuat tubuh lebih berstamina.

  1. Minuman pelancar ASI

Minuman yang baik sebagai pelancar ASI adalah dengan meminum pelancar ASI. Minuman ini bisa dijual di apotek-apotek terdekat. Minuman ini tentunya bisa dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar terjamin keamanannya. Banyak sekali jenis minuman pelancar ASI yang dijual bebas sehingga Anda bisa memilih yang paling cocok Anda.

Kalau Anda malas ke apotek bisa pula membeli secara online karena sekarang apapun bisa transaksi secara online. Minuman yang melancarkan ASI ini juga sangat cocok untuk ibu yang sedang menyusui walaupun produksi ASI nya sudah cukup lancar karena banyak mengandung zat yang baik untuk kesehatan ibu.

Ternyata cara untuk membuat ASI menjadi lancar sangatlah banyak. Mulai dari makanan, minuman, dan juga pola hidup yang baik. Seorang ibu, tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya.

sumber: www.lactatea.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *