7 Jenis Vitamin Penambah ASI Yang Bagus Paska Melahirkan

7 Jenis Vitamin Penambah ASI Yang Bagus Paska Melahirkan

Tercatat ada 7 jenis vitamin penambah ASI yang bagus dan harus Bunda lengkapi ketika ingin produksi ASI-nya tetap lancar seriap harinya. Dengan produksi ASI yang lancar maka secara otomatis Bunda bisa melengkapi kebutuhan ASI harian buah hati Anda. Jangan sampai hanya karena keteledoran Bunda sendiri berimbas pada tumbuh kembang si kecil.

Lancar tidaknya produksi ASI erat hubungannya dengan asupan gizi yang Bunda konsumsi setiap hari. Salah satunya adalah vitamin. Sebab vitamin ini termasuk zat pendukung pada saat tubuh bunda memprodukasi ASI.

Untuk itulah sudah menjadi keharusan jika ingin memperlancar ASI, Bunda jangan sampai kekurangan salah satu dari 7 vitamin pelancar ASI ini. Dan ini harus Bunda perhatikan baik-baik. Jangan sampai mengabaikannya.

7 Vitamin Pelancar ASI Yang Harus Bunda Penuhi

Di atas sudah sangat jelas ditekankan bahwa ketika Bunda ingin produksi ASI-nya berjalan dengan lancar sehingga kebutuhan ASI harian si kecil dapat terpenuhi maka seudah menjadi kewajiban untuk memenuhi minimal 7 vitamin penambah ASI ini.

Vitamin untuk ibu menyusui ini manfaatnya adalah untuk memaksimalkan laju produksi air susu. Vitamin untuk ibu menyusui ini umumnya banyak terdapat pada sumber makanan alami yang ada di sekitar Anda.

Dikarenakan mudah sekali untuk Anda dapatkan. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa memenuhi 7 vitamin untuk melancarkan ASI ini. 7 vitamin ini umumnya terkandang di dalam daging, buah-buahan, serta sayur-sayuran.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 7 jenis vitamin penambah ASI yang bagus untuk ibu menyusui:

  1. Vitamin B12

Vitamin yang dikenal juga dengan nama kabolamin ini adalah jenis vitamin larut air yang memiliki peran penting terhadap fungsi normalnya otak dan sistem saraf. Vitamin B12 ini juga terlibat disetiap proses metabolisme setiap sel yang ada di dalam tubuh. Terutama pengaruhnya terhadap sintesis dan regulasi DNA, serta pada saat sintesis asam lemak dan saat produksi energi.

Lantaran keterlibatannya pada setiap proses metabolisme sel di dalam tubuh itulah kenapa vitamin B12 ini bisa berperan sebagai vitamin pelancar ASI yang bagus bagi ibu yang sedang menyusui.

Selain itu yang perlu Anda pahami juga bahwa asupan vitamin B12 pada ibu yang baru menyusui ini sangat erat hubungannya dengan kadar vitamin B12 yang terkandung di dalam ASI.

Maka dari itu sangat tidak mengherankan jika setiap ibu yang baru menyusi sangat dianjurkan untuk selalu memenuhu kebutuhan vitamin B12 ini setuap harinya. Vitamin B12 ini bisa dengan mudah Anda dapatkan pada makanan alami seperti ikan salmon, ikan tuna, kerang, daging sapi, kepiting, dan jenis ikan lainnya.

  1. Vitamin B1

Selain vitamin B12, vitamin B1 juga termasuk vitamin pelancar ASI yang bagus bagus bagi para ibu menyusui. Vitamin yang dikenal juga dengan nama Tianim ini termasuk diantara senyawa yang pertama kali dikenal sebagai vitamin.

Vitamin B1 atau Tianim ini sangat berguna pada saat metabolisme tubuh. Selain memiliki peran sebagai vitamin penambah produksi ASI, vitamin V1 ini juga bisa membantu ibu dan anak tetap sehat. Vitamin ini banyak terdapat pada telur, biji-bijian, kentang, dan gandum.

  1. Vitamin B2

Vitamin yang dikenal juga dengan Riboflavin ini berupa mikronutrisi yang mudah dicerna dan bersifat larut dalam air. Untuk ibu menyusui perlu untuk selalu menyukupi asupan vitamin B12 ini karena bisa memperlnacar ASI sekaligus menjaga kualitas ASI. Untuk sumber dari vitamin B2 ini bisa Anda peroleh dari sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, daging sapi, dan keju.

  1. Vitamin A

Vitamin pelancar ASI yang baik untuk ibu saat menyusui ini dikenal juga dengan nama Retinol. Selama ini mungkin Anda hanya mengenalnya sebagai vitamin untuk menjaga kesehatan mata.

Namun ternyata vitamin A atau Retinol ini memiliki peranan penting pada saat produksi ASI. Jadi vitamin A ini bisa dikatakan juga sebagai salah satu vitamin pelancar ASI yang harus Bunda penuhi setiap harinya.

Vitamin A ini bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan mengkonsumsi menu makanan seperti ubu jalar, wortel, brokoli, kangkung, bayam, hati sapi, mentega, keju, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Vitamin D

Selain untuk memperlancar ASI, vitamin D ini bisa berperan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Sebab vitamin D ini memiliki peran besar untuk pertumbuhan tulang serta gigi bayi.

Vitamin D ini banyak terdapat pada jenis makanan seperti kedelai, jamur, ikan salmon, ikan tuna, keju, dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga bisa memperolehnya dari paparan sinar matahari pagi.

  1. Vitamin C

Meskipun vitamin C ini tidak terlalu besar peranannya untuk memperlancar ASI Bunda namun jangan sampai dilewatkan. Sebab vitamin C ini termasuk pendukung vitamin pelancar ASI. Sumber makanan alami yang kaya akan kandungan vitamin C seperti jeruk, jambu, pepaya, kiwi, dan beberapa jenis buah-buahan lainnya.

  1. Vitamin E

Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E juga termasuk pendukung vitamin penambah ASI. Vitamin E ini banyak terkandung di dalam kacang almond, sawi, bayam, brokoli, dan banyak lagi yang lainnya.

Dan jika Anda ingin cara penambah ASI yang lebih praktis dan aman, Anda bisa memilih suplemen pelancar ASI Lactatea. Apalagi di dalam Lactatea ini terkandung semua jenis vitamin penambah ASI yang bagus untuk ibu menyusui.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *